Puskesmas Bengalon Galakan Refresh Kader Posyandu

KRONIKKALTIM.COM – Kegiatan refreshing atau lomba kader Posyandu tingkat Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Kecamatan Bengalon, Kutai Timur (Kutim) digelar di Puskesmas Sepaso, pada Selasa (17/12/2019).

Kegiatan terdebut bertujuan untuk membangkitkan semangat dan apresiasi terhadap para kader posyandu atas dedikasinya terhadap kesehatan masyarakat yang secara sukarela selama ini.

Tampil sebagai pemenang, yakni Posyandu Pantai Indah Desa Sekerat, ia berhasil meraih juara pertama setelah mengguli Posyandu Anyelir Desa Sepaso Barat di Juara kedua dan Posyandu Anggrek Desa Sepaso di jaura ketiga.

Kepala UPT Kesehatan Bengalon Drg. Agus mengatakan, Kader Posyandu merupakan penggerak pembangunan di daerah khususnya dibidang kesehatan. Untuk itu, masyarakat yang menjadi kader Posyandu harus mampu memeberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat secara sukarela.

“Yakni mengajak masyarakat ke posyandu, menyediakan alat timbang bayi, alat ukur dan obat-obat serta mengadakan penyuluhan bagi masyarakat di tempat masing-masing,” ujarnya.

Selain acara lomba, dalam kegiatan refreshing tersebut juga diadakan simulasi pelayanan 5 meja di posyandu, yaitu pendaftaran, penimbangan, pencatatan, penyuluhan dan pelayanan kesehatan. Kegiatan ini laksanakan di Camp BCRD PT. KPC Bengalon. (*).