Bengalon Optimis Target Juara Umum MTQ Ke 15 Kutim

KRONIKKALTIM.COM – Kontingen Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Kecamatan Bengalon mengikuti MTQ ke-15 tingkat Kabupaten Kutai Timur (Kutim) yang di puastkan di Kecamatan Sangatta Uatra. Para kafilah ini diharapkan mampu memboyong juara umum sehingga kedepan nanti dapat mewakili Kutim dalam ajang yang sama ditingkat provinsi.

Ketua Kontingen MTQ Bengalon, DR. H. Rusdian Noor SAg, MpD saat acara pelepasan mengatakan, rombongan kafilah Bengalon berjumlah 40 orang. Semua peserta dari berbagai jenis cabang sudah dipersiapkan untuk mengikuti lomba.

“Bengalon kali ini menargetkan Juara Umum MTQ tingkat Kabupaten Kutai Timur,” ujarnya, Jumat (13/12/2019).

 

Ketua Kontingen MTQ Bengalon, DR. H. Rusdian Noor SAg, MpD

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Target tersebut ternyata, bukan tanpa didasari alasan yang kuat. Selain kesiapan dan melihat komposisi peserta yang ada, pada pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten Kutim sebelumnya kerap meraih perestasi yang membagakan. Tahun 2017 lalu, Bengalon sukses menduduki juara umum, sedangkan tahun 2018 meraih juara 2 umum.

“Refrensi kita yakni pencapaian tahun sebelumnya, Bengalon saat itu mampu menduduki juara umum 2 di ajang yang sama,” tutur Rusdian.

Di ketahui, pelaskanaan MTQ Ke-15 Kutim, rencanya mepertandingkan 10 cabang lomba di ditujuh arena. Antara lain, Tilawah kategori dewasa, Qira’at kategori dewasa dan remaja serta cabang Tilawah Canet. Ketiga cabang lomba tersebut, rencananya digelar di pusat kegiatan utama di kawasan Islamic Center, Masjid Agung Al Faruq atau Area Ka’bah, Bukit Pelangi, Sangatta Utara, dimulai 14 sampai 17 Desember.

Sedangkan cabang lomba lainnya akan dilaksanakan selama tiga hari sejak 14 sampai 16 Desember. Seperti cabang Tartil Qur’an dan Tilawah anak-anak dan remaja digelar di Gedung Wanita, Bukit Pelangi.

Sementara itu untuk cabang Tahfidh dan Tafsir Qur’an digelar di Aula Masjid At Tabiin. Selanjutnya cabang Syarhil Qur’an di ruang Meranti Setkab Kutim. Selain itu ada juga cabang Fahmil Qur’an digelar di Aula SMAN 1 Sangatta Utara.

Berikutnya, cabang Khatil Qur’an akan dilaksanakan di Gedung Serba Guna Bukit Pelangi serta cabang Musabaqah Makalah Quran (MMQ) di Aula Pendopo Rumah Jabatan Bupati Kutim. (*).