Gedung UKM Center Diresmikan, UMKM di Kaubun Diharapkan Tumbuh

KRONIKKALTIM.COM – Bupati Kutai Timur (Kutim) Ismunandar telah meresmikan gedung Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Center di Kecamatan Kaubun, pada Senin (2/12/2019) kemarin. Kini para pelaku UMKM di daerah itu bisa memasarkan produk mereka secara leluasa.

Gedung pemasaran produk yang dibangun melalui dana program tanggung jawab sosial atau Corporate Sosial Responsibility (CSR) PT Ganda Alam Makmur (GAM), diharapkan bisa menjadi contoh bagi kecamatan lainnya.

“Saya berharap kecamatan lain juga bisa membangun UKM Center seperti Kaubun. Sehingga pengusaha kecil bisa mempromosikan produknya melalui gedung UKM Center di wilayahnya masing-masing,” pinta Ismunandar.

Gedung UKM Center dinilai akan memacu pertumbuhan ekonomi rakayat. Sebab setiap kecamatan akan berusaha memunculkan produk unggulan mereka masing-masing. Begitupun wisatawan yang secara tidak langsung akan menarik mereka untuk berkunjung.

Sementara itu Camat Kaubun M Amin mengatakan, gedung UKM Center tersebut sudah dirancang sejak 2017 lalu, namun baru bisa diwujudkan sekarang. Salah satu tujuannya untuk membina UMKM dan home industry di wilayah Kaubun.

“Etalase ini dimaksudkan untuk menampung produk masyarakat di Kaubun  agar lancar dalam pemasarannya,” kata Amin.

Sementara itu, Perwakilan manajemen PT GAM Suyono Tjolle menjelaskan, pihak sebagai petusahaan tambang yang beroperasi di kecamatan Kaubun itu mengatakan, Gedung UKM Center dibangun dari dana CSR. Keberadaanya berharapkan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. (hms)