Kerjasama dengan Puskesmas, SDN 008 Rutin Periksa Kesehatan Siswa

Ilustrasi

KRONIKKALTIM.COM – Sekolah Dasar Negeri (SDN) 008 Sangatta Utara, Kutai Timur, Kaltim telah melakukan kerja sama dengan Tim Kesehatan Puskesmas Teluk Lingga. Ini dilakukan dalam melaksanakan pemeriksaan kesehatan rutin setiap tanggal 22, jelang akhir bulan.

Pemeriksaan kesehatan ini terdiri dari, imunisasi atau vaksin, pemeriksaan kesehatan mulut dan gigi, kebersihan badan, dan pemberian obat valiariasis atau obat kaki gajah.

Kerja sama ini dilaksanakan untuk menunjang kesehatan semua warga sekolah terutama anak didik. Tentu saja hal ini sangat memberikan manfaat kepada anak didik dan orang tua.

Kepala SDN 008 Sangatta Utara, Supik Atun menjelaskan, langkah ini diberikan lantaran peserta didik di SDN 008 Sangatta Utara sebahagian besar tempat tinggal mereka jauh dari pusat kota.

“Ditambah lagi, mata pencaharian orang tua mereka yang rata-rata berkebun sehingga untuk periksa atau kontrol sendiri ke pusat kesehatan tidak bisa dilakukan secara rutin,” jelas Supik.

Memang kata dia, selama ini tidak mengalami kendala dalam proses kerja sama. Hanya saja terkadang ada tindak lanjut dari pemeriksaan tapi tidak dilaksanakan oleh tua.

“Dari pemeriksaan rutin ini yang banyak ditemukan adalah masalah kesehatan pada gigi anak. Tetapi sebahagian anak saja. Kami sebagai tenaga pendidik di SDN 008 Sangatta Utara sangat mengapresiasi adanya kerja sama ini. Begitupun dengan anak didik kami. Mereka sangat senang setiap bulan dikunjungi Tim Dokter dari Puskesmas Teluk Lingga, dan kami sangat mengharapkan agar kerja sama ini dapat terus dilaksanakan,” ungkap dia. (adv/ersa).