Rombongan Paskibraka Kutim 2024 Lakukan Kunjungan Karyawisata Edukasi ke AAU Yogyakarta

Kronikkaltim.com – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) bersama Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tahun 2024 melakukan kunjungan ke Akademi Angkatan Udara (AAU), Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kunjungan tersebut, disambut hangat Kepala Penelitian dan Pengabdian Masyarakat AAU Yogyakarta, Kolonel Pas Supomo dan jajaran di Gedung Sabang Merauke AAU Yogyakarta, Rabu (21/08/2024).

Dalam kunjungan tersebut, bukan hanya dari Paskibraka Kutim 2024, namun juga Paskibraka dari 2 kabupaten lainnya, yakni Paskibraka Lombok Tengah dan Paskibraka Musi Banyuasin.

Turut hadir mendampingi Paskibraka Kutim 2024, Kepala Badan Kesbangpol Kutim, Tejo Yuwono. Hadir juga mendampingi Paskibraka masing-masing, Sekda Lombok Tengah dan Kepala Bidang Ideologi Wawasan Kebangsaan Musi Banyuasin serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutan Gubernur AAU Yogyakarta Marsekal Muda TNI Dr. Ir. Purwoko Aji Prabowo, M.M., M.D.S yang diwakili Kepala Penelitian dan Pengabdian Masyarakat AAU Yogyakarta, Kolonel Pas Supomo menyampaikan selamat datang kepada kelompok paskibraka dari Kutim, Lombok Tengah dan Musi Banyuasin di Ksatrian AAU Yogyakarta.

“Semoga dengan adanya kunjungan ini, dapat memberikan manfaat dan kesan yang mendalam bagi adik-adik Paskibraka,” papar Kolonel Pas Supomo.

Kolonel Pas Supomo menjelaskan sistem pendidikan di AAU menganut sistem Tri Tunggal Terpadu, artinya sistem pendidikan yang dilaksanakan meliputi kegiatan pengajaran, jasmani militer dan latihan serta pengasuhan secara terpadu dengan satu tujuan yaitu menghasilkan perwira yang berkarakter, berintegritas, berwawasan kebangsaan, profesional, modern dan humanis.

“Proses pendidikan di AAU selama 4 tahun, tentunya membutuhkan motivasi, spirit dan daya juang yang tinggi. Agar dapat melewati masa pendidikan di AAU dengan hasil yang memuaskan,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kesbangpol Kutim, Tejo Yuwono menyampaikan rasa syukur, karena kedatangan rombongan Paskibraka Kutim 2024, disambut sangat baik oleh AAU Yogyakarta.

“Sudah sepantasnya kami menyampaikan terima kasih yang setinggi-tingginya karena angkatan udara membumbung tinggi di udara, kalau angkatan darat seluas-luasnya, nah kalau angkatan laut sedalam-dalamnya,” ujar Tejo Yuwono.

Tejo Yuwono juga mengungkapkan, Paskibraka Kutim berjumlah 40 orang, 1 orang lolos di tingkat nasional, 1 orang di tingkat provinsi dan 38 orang lainnya bertugas di kabupaten.

“Jumlah paskibraka yang ikut pada hari ini berjumlah 40 orang dengan pelatih, termasuk juga dari panitia, sehingga ada sekitar 84 orang yang berkunjung ke AAU Yogyakarta ini,” ungkapnya.

“Tujuan kita datang ke sini (AAU Yogyakarta) dalam rangka memberikan edukasi kepada adik-adik Paskibraka tentang kedirgantaraan dan pendidikan di AAU Yogyakarta. Mudah-mudahan nantinya adik-adik Paskibraka Kutim tertarik untuk menjadi angkatan udara,” sambutannya.

Penulis: Heristal