Senam Sehat Juga Siap Meriahkan Peringatan Hari AIDS Sedunia di Kutim

Kronikaltim.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kutai Timur (Kutim) melakukan serangkaian kegiatan dalam memperingati Hari AIDS sedunia yang jatuh pada setiap tanggal 1 Desember. Salah satunya senam sehat.

Dalam pantauan media ini, tim dari Dinkes Kutim telah melakukan pembagian leaflet pencegahan HIV/AIDS di beberapa titik jalan wilayah Sangatta. Selain itu juga, masih ada rangkaian kegiatan lainnya yang digelar oleh dinkes Kutim.

“Nanti tanggal 3 Desember kami juga menggelar senam bersama dalam rangka peringati hari HIV/AIDS sedunia di Townhall Sangatta,” ucap Kepala Dinkes Kutim, Bahrani Hasanal saat ditemui di ruangannya, Kantor Dinkes Kutim, Komplek Perkantoran Bukit Pelangi, Sangatta, Kamis (1/12/2022).

Dalam kesempatan ini, mantan Direktur RSUD Kudungga Sangatta itu juga berpesan agar masyarakat tidak takut atau merasa berkecil hati terhadap penyakit HIV/AIDS. Pasalnya, meskipun tidak bisa disembuhkan, penderita HIV/AIDS dapat diatasi dengan Antiretroviral (ARV).

“Bagi masyarakat yang terkena HIV/AIDS jangan berkecil hati, tetap terus gunakan ARV agar mengurangi penularan dan mengurangi dampak infeksinya,” beber Bahrani.

Perlu diketahui, AIDS disebabkan oleh virus HIV. Sedangkan HIV merupakan virus yang merusak sistem kekebalan tubuh dengan menginfeksi dan menghancurkan sel CD4. Hingga saat ini belum ada obat yang bisa menyembuhkan penyakit HIV/AIDS.

Namun penyakit tersebut dapat diringankan dengan penggunaan ARV secara rutin.