Dinkes Kutim Gelar Seminar Remaja Cerdas Bebas HIV

Kronikkaltim.com – Remaja berpotensi tinggi tertular Human Immunodeficiency Virus (HIV) karena faktor perilaku dan perkembangan emosionalnya. Remaja perlu mendapat pendidikan mengenai HIV agar dapat mencegah dan menghindari perilaku berisiko.

Dalam hal ini, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) menggelar Seminar Remaja Cerdas Bebas HIV dengan tema “Kenali Cegah dan Stop HIV” di Ruang Akasia, Gedung Serba Guna (GSG) Bukit Pelangi, Kutim, Senin (12/12/2022).

Kegiatan ini merupakan acara puncak dari peringatan Hari HIV dan AIDS yang jatuh pada 1 Desember 2022 lalu.

Kepala Dinkes Kutim dr. Bahrani Hasanah dalam sambutannya menyampaikan HIV dimulai dari perilaku yang tidak sehat dan ketidaktahuan remaja dalam pencegahan terhadap HIV.

“Penyakit HIV ini sebenarnya bisa di cegah, mulai mencegah tidak melakukan hal beresiko dan kalau pun harus melakukan, ada tindakan-tindakan pencegahan jangan sampai terkena HIV,” ucap dr Bahrani di hadapan para remaja peserta seminar.

dr Bahrani menjelaskan penyebaran HIV melalui cairan tubuh si penderita HIV ke orang yang sehat yang cara perpindahannya melalui suntikan, hubungan seksual, ibu hamil dan air susu ibu (ASI).

“Cara pencegahan supaya tidak terkena HIV itu, tidak melakukan hubungan seksual, jangan sampai ganti-ganti jarum suntik, dan jangan sampai donor darah sembarangan, tapi kalau lewat PMI insya Allah aman,” ujarnya.

Apabila telah tahu pencegahan dari HIV itu, menurutnya rugi kalau sampai masih terkena penyakit HIV tersebut.

“Jadi kenapa kita adakan seminar ini.? agar adek-adek tahu pencegahannya. Adik-adik ini nanti tumbuh besar sensasinya aneh-aneh kan, nah itu harus diperhatikan,” terangnya. (*)

Penulis : Heristal