Yan Minta Dinkes Kutim Serius Waspadai Kasus Gagal Ginjal Akut pada Anak

Kronikkaltim.com – Anggota DPRD Kutai Timur (Kutim), Yan Ipau meminta pemerintah daerah melalui Dinas Kesehatan untuk serius mewaspadai kasus gagal ginjal akut progresif atipikal (GGAPA) akut pada anak.

Hal itu disampaikan menyusul fenomena penyakit tersebut marak menyerang anak-anak di berbagai daerah di Indonesia, hingga merenggut nyawa.

“Tetap waspada, walaupun saat ini di sini belum ditemukan,” ujar Yan, Senin (07/11/2022).

Belakangan ini, obat sirup disorot karena diduga menjadi penyebab GGAPA. Meski belum dapat dibuktikan, Kemenkes tetap menginstruksikan tenaga medis pada fasilitas pelayanan kesehatan termasuk para dokter tidak meresepkan obat cair/sirup kepada pasien.

Instruksi serupa juga ditekankan kepada apotek agar tidak menjual obat bebas maupun obat bebas terbatas dalam bentuk cair untuk sementara waktu kepada masyarakat.

Untuk itu, Yan meminta Dinas Kesehatan agar memantau pelaksanaan instruksi dari Kemenkes sekaligus memastikan legalitas edar obat yang dijual ke masyarakat.

“Dinkes harus turun ke lapangan memastikan peredaran obat sudah sesuai prosedur, termasuk memastikan ijin edarnya,” jelasnya.

Yan Ipui yang saat ini menjabat Ketua Komisi B juga meminta pemerintah untuk gencar menertibkan toko atau warung yang seharusya tidak di perkenankan untuk menjual obat. Salah satunya warung sembako.

Hal itu di perlukan sebagai bentuk perlindungan kepada masyarakat. karena penjualan obat hanya boleh di lakukan oleh apotek dan toko yang sudah memiliki izin edar.

“Dengan adanya fenomena ini, bukan hanya menjadi tugas pemerintah semata, perlu peran serta masyarakat untuk peduli, dan saya minta masyarakat untuk lebih waspada jangan sembarangan beli obat, apalagi untuk anak-anak,” pintanya. (*).