Sampaikan Kiat Meraih Haji Mabrur, Sobirin Bagus: Jaga Akhlak dalam Setiap Pergaulan

Kronikkaltim.com – Anggota DPRD Kutai Timur (Kutim), Sobirin Bagus menyampaikan pesan dan kiat meraih haji mabrur. Ini disampaikan dalam giat bimbingan manasik haji yang digelar Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kutim di Teras Belad Sangatta, Selasa (8/11/2022).

Sebagai wakil rakyat sekaligus selaku Ketua IPHI Kutim, Sobirin Bagus kepada peserta bimbingan manasik haji berpesan bahwa ibadah haji memerlukan totalitas keikhlasan dan kekhusyuan, baik lahir maupun batin.

Dia mengatakan, ada beberapa upaya yang perlu dilakukan untuk meraih haji mabrur. Pertama niatkan haji karena Allah SWT semata.

Selanjutnya, kata dia, jauhkan diri perkataan sia sia selama beribadah haji. Berikut bersengketa atau bertengkar dan berbuat fasik yang mengarah syirik kepada Allah SWT.

“Selain itu hendaknya selalu bersifat sabar dan ikhlas terhadap ketentuan Allah SWT, jaga akhlak dalam setiap pergaulan,“ ujarnya.

Politisi PKB itu berharap kepada peserta manasik sekaligus calon jemaah haji (CHJ), itu mampu untuk menjalani semua rukun wajib haji secara baik.

Dia juga berpesan agar para jamaah haji yang didominasi orang tua ini, untuk selalu menjaga kesehatan jika nantinya mejalani rukun islam yang ke 5 tersebut, mengingat kondisi iklim yang berbeda.

Sebelumnya, Ketua Panitia Pelaksana H Suyuti menyampaikan kegiatan manasik haji yang digelar IPHI Kutim ini selama dua hari, dari 8-9 Nopember 2022. Adapun peserta yang di undang khusus jamaah haji Kutim yang rencana keberangkatan terdaftar di tahun 2023. Yang bertujuan.

“Diharapkan para calon jamaah haji ini dapat mengikuti kegiatan dengan baik dari awal hingga akhir dan apa yang disampaikan oleh narasumber agar disimak dengan baik sehingga bisa memperoleh ilmu manasik secara utuh,” ujar H Suyuti. (*).

Imran R Sahara