DWP Kutim Latihan Buat Eco-enzyme dan Ecobrick dari Sampah Organik

Kronikkaltim.com – Dalam rangka menjalin silaturahmi, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) juga menggelar pelatihan kepada seluruh anggota dan yang ada di Perangkat Daerah (PD) dalam hal mengolah sampah menjadi sesuatu yang bermanfaat dan ramah lingkungan.

Adapun pelatihan yang digiatkan berupa pengolahan sampah organik menjadi eco enzyme dan ecobrick ramah lingkungan dan ketrampilan merangkai bunga aklirik. Hal itu pun menuai pujian dari Asisten Pemkesra Setkab Kutim, Poniso yang turut hadir membuka acara tersebut.

“Karena 60 persen ini sampah organik dan 40 persen sampah anorganik. Pasti pelatihan ini sangat bermanfaat,” ungkap Poniso pada kegiatan yang berlangsung di Gedung Wanita, Kawasan Perkantoran Bukit Pelangi Sangatta, Senin (14/11/2022).

Sementara itu, Ketua DWP Kutim, Nyonya Lisnawarty Rizali Hadi mengatakan, dalam pertemuan ini diharapkan dapat menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi para anggota DWP Kabupaten dengan yang ada di PD untuk mengolah sampah di rumah dan lingkungan.

Pelatihan dimulai dengan memberikan pemahaman tentang pengolahan sampah yang benar, “bagaimana sampah itu bisa menjadi sesuatu yang bermanfaat atau berguna eco enzyme sangat bagus sekali sebagai pupuk alami,” ucapnya

“Syukur-syukur jika berhasil bisa membagikan ilmu yang telah didapatkan kepada tetangga dan saudara. Bisa memberikan sesuatu yang sehat dan nyaman bagi lingkungannya,” tuturnya.(Andika).