Kasmidi Tinjau Persiapan Expo HUT Kutim

Kronikkaltim.com – Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) bakal merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 23 Kabupaten Kutim pada 12 Oktober 2022 mendatang. Untuk memeriahkan, ada beberapa rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan. Diantaranya, Lomba Olahraga Tradisional (Tarik Tambang, Bakiak, Asen Naga, Kasti) pada 8-10 Oktober 2022, Pawai Kirab Budaya (Perangkat Daerah, Umum dan Paguyuban) tanggal 9 Oktober 2022.

Berikutnya, Expo pameran pembangunan dari Perangkat Daerah (PD), Kecamatan, Forkopimda serta Stakeholder yang ada di Kabupaten Kutim. Yang dilaksanakan mulai tanggal 10-16 Oktober 2022. Adapun hiburan yang akan ditampilkan, di dalam ruangan yaitu Lomba Fashion Batik, Mewarnai, Dance K-pop, Tari Tradisional Pesisir dan Pedalaman, Poco-Poco dan Parade Batik. Kemudian hiburan diluar ruangan, lomba pagelaran budaya multi etnis dan lainnya.

Selanjut, pada Selasa, 11 Oktober Paripurna dan Pidato Bupati di Ruang Sidang Utama DPRD. Berikut Launching Tenun Ikat. Rabu, 12 Oktober Upacara HUT ke 23 Kutim, Kamis 13 Oktober Hiburan Artis Ibu kota Five Minute di Graha Expo, dan tanggal 15 Oktober hiburan artis Ibu Kota Anima. Serta masih banyak kegiatan lainnya.

Rabu (5/10/2022) Wakil Bupati Kutim, Kasmidi Bulang yang juga selaku Ketua Panitia HUT Kutim 2022 meninjau persiapan yang dilakukan oleh event organizer jelang kegiatan expo.

“Kita lagi berkunjung di rencana kegiatan expo kita di hari jadi Kutim, ada beberapa kegiatan salah satunya ada kegiatan Expo,” ujarnya usai melakukan tinjauan.

Dirinya menyebut, di rangkaian acara memperingati HUT Kutim digelar selama sebulan yang mana terdapat karnaval budaya, pawai pembangunan dan juga kegiatan lomba olahraga.

Adapula kegiatan edukasi, lomba-lomba lain, hingga nantinya juga akan dimeriahkan oleh artis ibukota yang akan tampil di Gedung Expo pada puncak acara.

“DiEexpo ini inshaallah juga akan dimeriahkan oleh artis ibukota yakni Five Minutes dan Anima,” ujarnya.

Wabup Kasmidi mengungkap nanti semua instansi turut berpartisipasi baik itu TNI-POLRI, Badan-badan pemerintah, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan Kantor-kantor wilayah. Termasuk juga pemerintah tingkat kecamatan yang akan memamerkan capaian, khas, keunikan dari masing-masing wilayahnya.

“Di sini, OPD-OPD akan menunjukkan capaian-capaian yang sudah dicapai untuk diketahui oleh masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, Expo juga diisi oleh instansi swasta seperti perusahaan-perusahaan yang bergerak di berbagai bidang seperti pertambangan dan perkebunan. Dipastikan expo akan berjalan meriah sehingga pihaknya mengajak seluruh pelaku UMKM dan penggiat seni yang ada di Kutim khususnya Sangatta agar ikut berpartisipasi di acara expo.

“Atas nama panitia pelaksana, saya mengajak kepada kita semua para pelaku UMKM, para penggiat kegiatan usaha, penggiat seni dan juga kegiatan-kegiatan yang lain untuk dapat hadir ikut menyukseskan acara,” tutupnya.(Kominfo).