Disdik Kutim Sosialisasi Program Kerja Forum Kesiapan Sekolah PAUD-SD

Kronikkaltim.com – Dinas Pendidikan (Disdik) Kutai Timur melalui Bidang Pendidikan Luar Sekolah (PLS), melaksanakan Bimtek Implementasi dan Sosialisasi Program Kerja Forum Kesiapan Sekolah PAUD-SD.

Agenda tersebut dihadiri Bunda PAUD Kutim, Ir Hj Siti Robiah di Teras Belad, Kamis, 28 Juli 2022.

Dalam sambutannya, Bunda PAUD menitipkan pada forum ini untuk bersama sama merumuskan penyelesaian problem yang selama ini terjadi ketika Penerimaan Peserta Didik Baru SD yang sering kali menjadi hambatan orang tua murid untuk mendaftarkan anaknya dari jenjang PAUD ke SD.

Pengalaman belajar di PAUD dan SD harus diselaraskan, utamanya menekankan pada pembelajaran yang kontekstual (melalui penyediaan perangkat ajar, pelatihan/panduan guru/orang tua dan APE yang selaras dengan konteks lokal/ nilai sosial budaya lingkungan) dan instruksi bahasa ganda yang memberikan rekognisi penggunaan bahasa ibu (tidak terbatas pada bahasa nasional.

Dengan adanya Bimtek ini diharapkan memberikan manfaat banyak dalam mendorong persamaan persepsi antara PAUD dan SD yang berkaitan dengan kesiapan anak bersekolah, membantu komunikasi dan koordinasi antara satuan PAUD dan SD untuk kesiapan bersekolah serta terbentuknya Forum Komunikasi PAUD – SD.

“Semoga apa yang diharapkan dapat kita wujudkan bersama,” harap Bunda PAUD.