Dua Hari Terakhir Kasus Covid-19 Nihil di Kutim

Kronikkaltim.com – Kasus covid-19 di Kutai Timur (Kutim) terus mengalami penurunan. Bahkan kasus Pandemi ini sudah kosong sejak 24 Juni 2022 kemarin.

Berdasarkan data satuan tugas (Satgas) covid-19 Kutim pada (24/6/2022) total kasus aktif kosong atau nihil. Persebaran Covid-19 per kecamatan pun menunjukkan 18 kecamatan telah masuk zona hijau.

Meski saat ini telah terjadi penurunan kasus Covid19, bahkan Kutim menempati zona hijau atau nihil kasus. Namun pemerintah daerah melalui Dinas kesehatan (Dinkes), tetap meminta masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan (Prokes), khususunya pemakaian masker saat keluar rumah.

Kadisdik Kutim, dr Bahrani mengatakan, pemakaian masker menjadi penting, tidak hanya menghindari penyebaran Covid19 namun berbagai hal negatif juga dapat dihindari.

“Kita patut bersyukur, dua hari terakhir sudah tidak ada yang positif. Walau begitu, masyarakat jangan lengah, prokes tetap dijalankan secara baik,” ujarnya, Jumat (24/6/2022).

Bahrani menilai penurunan kasus Covid-19 tidak terlepas dari disiplin masyarakat yang semakin sadar akan pentingnya menjaga prokes.

“Kita tidak tau sampai mana ini, karena dibeberapa wilayah masih ada peningkatan kasus. Terlebih saat ditemukan varian baru lagi,” ucapnya.

Bahrani mengajak masyarakat, untuk melaksanakan vaksin ketiga atau booster ahar bisa meningkatkan kekebalan tubuh, dari penyebaran pandemi Covid-19.

“Kalau masyarakat ada waktu dan telah direkomendasikan, silakan vaksin ketiga, karena bosster sangat bermanfaat untuk ketahanan tubuh dari penyebaran Covid-19,” pungkasnya. (*)

Editor: Imran