AJKT bersama Pembina-Mitra Gelar Bukber dan Santuni Anak Yatim

AJKT bersama Pembina-Mitra Gelar Bukber dan Santuni Anak Yatim

Kronikkaltim.com – Momentum Bulan Ramadan memiliki makna tersendiri bagi umat muslim di dunia, begitu pula dengan organisasi profesi wartawan yang ada di Kabupaten Kutai Timur (Kutim).

Hikmah Ramadan 1443 Hijiriah dimaknai Aliansi Jurnalis Kutai Timur (AKT) sebagai momen untuk mempererat kekerabatan, berbagi keindahan dalam kebersamaan antar anggota, keluarga besar, serta mitranya.

Kegiatan dengan tema “Indahnya Berbagi Nikmat Ramadhan Dalam Kebersamaan” itu dikemas dengan acara buka puasa bersama (Bukber) dan pembagian bantuan sembako kepada anak-anak yatim serta anak usia dini, itu digelar di Aula SD Negeri 01 Sangatta Utara, Jumat (15/4/2022) sore.

Dengan menghadirkan Pembina AJKT, Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang, Wakil Ketua II DPRD Kutim Arfan, dkk, beserta Mitra AJKT yaitu KPC, Kobexindo, PDAM, dan Pemkab Kutim, kegiatan berlangsung penuh dengan keakraban.

Ketua AJKT Sukriadi mengatakan, kebersamaan seperti ini sangat baik untuk memupuk hubungan emosional bagi anggota, keluarga besar serta mitra AJKT. Dikatakannya, buka puasa bersama merupakan agenda rutin AJKT yang digelar setiap tahunnya.

Sukriadi juga tak lupa menyampaikan ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada Wakil Bupati Kutim dan KPC, PDAM, Kobexindo yang selama ini telah banyak memberikan support dan bantuan kepada AJKT. Termasuk kegiatan bukber kali ini.

“Kegiatan ini tidak lepas dari dukungan Bapak Wakil Bupati Kutai Timur Dr H Kasmidi Bulang selaku pembina AJKT, PT KPC, dan Kobexindo,” ujarnya.

Wabub Kasmidi menyampaikan apresiasi kepada AJKT yang dinilai telah memberikan kontribusi nyata. Bukan hanya dalam kegiatan pemberitaan, tapi juga dalam berbagi kegiatan sosial kemasyarakatan.

Tak hanya itu, Kasmidi juga memuji pengurus AJKT yang dinilai bisa merangkul berbagai kalangan, sepeti menghadirkan berbagai pihak dalam bukber tersebut.

Dalam melaksanakan perannya, AJKT diharapkan dapat menjadi penyeimbang dan contoh yang baik, sehingga pemerintah daerah dapat menjalankan tugas dan fungsi sesuai dengan amanah rakyat.

“Kita berharap AJKT dapat menjadi contoh dan penyeimbang dalam sisi jurnalis, sehingga nanti pemerintahan ini bisa berjalan sesuai dengan amanah yang diberikan,” tuturnya.

Harapan lainnya, kata Kasmidi, kebersamaan seperti ini dapat terus terjalin. Sebagai sebuah silaturahmi dan koordinasi, kebersamaan demikian diharapkan bukan hanya saat momen Ramadan.

“Ada manajemen PT KPC, PDAM, Kobexindo, dan yang lain hadir. Jadi silaturahmi yang tidak terpisahkan, bukan hanya pada saat bulan Ramdan,” ucapnya.

GM ESD PT KPC, Wawan Setiawan secara khusus menyampaikan ucapan terima kasih kepada pengurus AJKT yang selama ini menjadi mitra KPC dalam berbagi kegiatan sosial kemasyarakatan.

Meski demikian, dirinya menyadari peran jurnalis adalah saluran komunikasi massa yang salah satunya sebagai kontrol sosial.

Untuk itu, Wawan Setiawan menyatakan terbuka terhadap kritikan, namun media diharapkan tetap menerapkan cover both side atau keseimbangan informasi sebagai suatu prinsip yang wajib diterapkan dalam dunia jurnalistik. Keseimbangan informasi dalam suatu berita merupakan hal yang wajib diterapkan oleh jurnalis sebelum menyebarluaskan berita.

“Buat kami perusahaan faktor cover both side lebih penting, dimana dalam menyebarluaskan informasi penting adanya keseimbangan,” paparnya.

Kegiatan bukber ini juga di isi dengan kultum yang dibawakan oleh Ustad Amirul Mukminin. Sang ustad memaparkan hakikat cinta kepada Allah dan Rasulullah SAW.

Usai buka puasa bersama, kegiatan dilanjutkan dengan sholat magrib berjamaah, makan malam bersama, lalu mengabadikan momentum kebersamaan itu dengan foto bersama. (*).

 

Penulis: Imran