5000 PKL, Warung dan Nelayan di Kutim Dapat Bantuan Tunai Rp 600 Ribu

5000 PKL, Warung dan Nelayan di Kutim Dapat Bantuan Tunai Rp 600 Ribu

Kronikkaltim.com – Sebanyak 5000 pedagang kaki lima (PKL), warung dan nelayan di Kutai Timur (Kutim) mendapatkan bantuan tunai sebesar Rp 600 ribu melalui Program Bantuan Tunai bagi Pedagang Kaki Lima, Pemilik Warung dan Nelayan (BT-PKLWN). Launching bantuan dilaksanakan di Mako Kodim 0909/Kutim, Jumat (8/4/2022).

Penyaluran bantuan dihadiri Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman, Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang, dan Ketua DPRD Kutim Joni, S.Sos.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Pangdam Kalimantan Timur beserta jajaran, dan khususnya hari ini kepada Kodim 0909 Kutai Timur yang akan menyerahkan BT-PKLWN ini kepada masyarakat Kutai Timur,” ucap Ardiansyah.

5000 PKL, Warung dan Nelayan di Kutim Dapat Bantuan Tunai Rp 600 Ribu

Bagi Ardiansyah, BT-PKLWN untuk masyarakat sangat berarti bagi Pemkab Kutim. Terlebih di tengah masih kondisi pandemi, serta pascabanjir, sehingga masyarakatnya sangat membutuhkan uluran tangan.

“Sungguh berarti sekali bagi pemerintah apabila masyarakatnya mendapatkan bantuan seperti ini, apalagi di tengah kondisi-kondisi Pandemi. Kemudian yang kedua kita juga baru mendapat musibah besar yaitu banjir,” ujar Ardiansyah.

Di tempat yang sama, Dandim 0909/KTM Letkol Czi Heru Aprianto mengatakan, BT-PKLWN atau bantuan tunai untuk Pedagang Kaki Lima dan Warung tahun ini, Kodim 0909/KTM mendapatkan kepercayaan untuk menyalurkan 5.000 paket penerima.

Dikatakannya, tahun sebelumnya, Kodim 0909/KTM juga melaksanakan kegiatan yang sama, tapi jumlahnya hanya 1.200 paket penerima.

“Tentunya ini merupakan kepercayaan pemerintah, kami ucapkan terima kasih. Ini tentunya merupakan kebanggan bagi kami Kodim 0909 Kutai Timur yaitu menyalurkan bantuan BTPKLW untuk tahun 2022 ini,” ujar Heru Aprianto.

5000 PKL, Warung dan Nelayan di Kutim Dapat Bantuan Tunai Rp 600 Ribu

Heru Aprianto menyatakan, para penerima BT-PKLWN Kutim sebelumnya telah didata dengan melalui verifikasi yang ketat. Verifikasi dilakukan untuk menghindari duplikasi penerima bantuan. Hasilnya, 5.000 jumlah penerima bantuan di Kutim, 4.394 di antaranya adalah pelaku PKL dan 606 orang penerima lainnya berprofesi sebagai nelayan.

Penyaluran bantuan BT-PKLWN di sejumlah kecamatan nantinya juga akan disalurkan oleh Koramil masing-masing.

“Besar harapan kami agar nantinya bantuan yang diberikan dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan usaha penerima bantuan masing-masing,” ucap Heru Aprianto.

Heru Aprianto juga tak lupa menyampaikan selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankan, serta mengingatkan warga untuk tetap menerapkan dan menjalankan protokol kesehatan Covid-19 dalam berbagai aktifitas keseharian.

Sementara itu, Sarni salah seorang PKL yang mengaku sebagai penjual gado-gado di Jalan Pendidikan mengaku senang bisa mendapatkan BT-PKLWN yang disalurkan Kodim 0909/KTM. Dirinya menyebut baru pertama kalinya mendapatkan bantuan BT-PKLWN.

“Ya senang, saya ucapan terima kasih atas bantuan yang diberikan ini. Terima kasih untuk Kodim 0909/Kutai Timur dan juga terima kasih kepada Pemerintah,” imbuhnya.(*).

 

Penulis : Imran