Wabup Kutim Resmikan Air Terjun Embang Lemun di Muara Wahau

Wabup Kutim Resmikan Air Terjun Embang Lemun di Muara Wahau

Kronikaltim.com – Wakil Bupati Kutai Timur (Kutim), Kasmidi Bulang meresmikan objek wisata alam Air terjun Embang Lemun di Desa Bea Nehas, KM 65 Narkata Rimba, Kecamatan Muara Wahau, Senin (28/3/2022).

Peresmian itu ditandai dengan ritual adat yang dilakukan oleh Ledjie Be Leang Song selaku Kepala Adat Wehea dengan harapan peresmian berlangsung lancar sekaligus sebagai rangkaian pemberian gelar kehormatan kepada sang Wabup Kutim.

Kasmidi mendapat gelar dari masyarakat dayak Wehea, yaitu Hega Tung Ding Tlea yang artinya salah satu orang yang gagah, perwira dan jago untuk memimpin masyarakat.

Kasmidi menyampaikan, setelah peresmian air terjun Embung Lemun akan dilanjutkan dengan pemotretan dan pembuatan video dengan latar belakang air terjun oleh para model yang menggunakan batik wakaroros hasil desainer Lia Afif untuk dipamerkan di Fashion Show di Jakarta pada 13 April 2022 mendatang.

“Video yang diambil disini akan ditayangkan di acara tersebut sebagai bagian dari promosi wisata bahwa Kutai Timur memiliki keindahan alam, keanekaragaman, suku budaya namun tetap menghargai budaya lokal sebagai pemersatu,” ujar Kasmidi.

Dirinya menambahkan, objek-objek pariwisata yang ada di sekitar area perusahaan harus disterilkan karena merupakan bagian yang tidak boleh diganggu sehingga tinggal berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah untuk membangun fasilitasnya.

“Beberapa waktu yang lalu saya kesini jalan menuju air terjun masih becek, alhamdulillah sekarang susah dibuatkan anak tangga dan sudah enak kita lewati. Tahun ini insyaallah akan dibangunkan gazebonya sehingga bisa untuk transit dan rest area.

Untuk kedepannya, sambung Wabup, akses menuju air terjun Embung Lemun ini akan dikoordinasikan dengan perusahaan atau program-program CSR agar jalannya mudah diakses atau tidak becek.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata Kutim Nurullaah melaporkan tangga yang dibangun untuk menuju lokasi air terjun telah dibangun dan akan dibangun lagi fasilitas lainnya.

“Ini merupakan suatu komitmen Pemkab Kutim dalam rangka menjadikan objek wisata air terjun Embun Lemung ini sebagai keunggulan wisata di zona 3 (Muara Wahau, Kongbeng, Batu Ampar, Telen, Long Mesangat, Muara Bengkal), jadi ini yang perlu kita kembangkan selain wisata lain,” pungkas Nurullaah. (G-smart).

Editor: Imran