Musrenbang RKPD 2023 Tingkat Kecamatan di Kutim Dimulai

Musrenbang RKPD 2023 Tingkat Kecamatan di Kutim Dimulai

Kronikkaltim.com – Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan di Kutai Timur (Kutim) resmi bergulir, Senin (7/3/2022). Forum dalam rangka menyusun Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2023 itu dimulai di zona pesisir, yakni Kecamatan Sangkulirang, Sandaran dan Kaliorang.

Di Kecamatan Sangkulirang, Musrenbang yang dipusatkan di Balai Pertemuan Umum (BPU) Kecamatan Sangkulirang itu dibuka resmi oleh Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman didampingi Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang.

Baca jugaLahan Clear Jadi Atensi Wabup Kutim di Musrenbang Zona Pesisir

Hadir juga, sejumlah pejabat, dari Pj Sekda, Asisten, Kepala OPD, Forkopimda hingga pihak perusahaan.

Bupati berharap, pada Musrenbang kali ini seluruh peserta, baik dari tingkat Kecamatan maupun Desa dapat menyampaikan keluhannya selama ini, sekaligus untuk evaluasi perjalanan Musrenbang tahun lalu.

“Ada evaluasi Musrenbang sebelumnya. Serta dalam bahasa kasarnya ‘muntahkan semua’ biar Kabupaten mendengarkan. Juga sampaikan apa-apa pembangunan di daerah bapak/ibu masing-masing,” sebut Bupati.

Bupati juga memastikan, pelaksanaan Musrenbang bukan hanya seremonial semata. Namun, lantaran keterbatasan anggaran sehingga tidak semua program dapat terealisasi.

Hal senada juga disampaikan oleh Wakil Bupati Kutim, Kasmidi Bulang. Dirinya memastikan tidak ada program yang menyentuh masyarakat tidak bisa masuk. Maka Pemerintah Desa wajib untuk mendampinginya.

Dari 31 desa di 3 Kecamatan, secara garis besar menyampaikan beberapa usulan. Mulai dari akses jalan, air bersih dan PLN, telekomunikasi, pembangunan Kantor Desa hingga peningkatan pariwisata. (*).