Material Ikon Tambang Truk ‘Liebherr T282B’ Sudah Diangkut ke Bukit Pandang Sangatta

Kronikkaltim.com – Truk terbesar di dunia dengan kapasitas muatan 360 ton merk Liebherr T282 seberat 237 ton akan dijadikan monumen tambang dan ikon kota Sangatta. Prosesi pengangkutan material truk rakasa itu dilakukan, Senin (31/1/2022), dari Assembly Tango Delta PT Kaltim Prima Coal (KPC) ke Bukit Pandan Sangatta.

Material Truk Liebherr T282B yang sudah dipisahkan satu persatu, itu dibawa menggunakan lowboy menuju Bukit Pandang untuk dirakit kembali, diperkirakan 40 hari mendatang Truck raksasa dengan kapsitas muatan 360 ton ini akan berdiri gagah di puncak tertinggi kota Sangatta.

Wakil Bupati Kutai Timur (Kutim) Kasmidi Bulang yang menjadi ketua tim ikon tambang Sangatta bersama manajemen PT Kaltim Prima Coal (KPC) dan Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia (Perhapi) menyaksikan secara langsung pengangkutan material truk terbesar di dunia tersebut serta langsung melakukan proses serah terima dari PT KPC ke Pemerintah kabupaten Kutai Timur.

Kasmidi Bulang merasa bangga saat menyaksikan langsung proses perakitan truk terbesar ini. ““Alhamdullilah, setelah kurang lebih empat tahun kita berjuang dengan berbagai proses, dan didasari dengan niat yang baik akhirnya kita bisa mempersembahkan alat ini di Kutim,” ucap orang nomor 2 di Kutim.

Dirinya mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada semua tim yang terlibat sehingga dapat menghadirkan alat yang luar biasa ini. “Kita berharap kehadiran ikon tambang ini akan menarik wisatawan untuk berkunjung ke Kutim sehingga jelas akan ada imbas ke PAD kita jika dikelola dengan baik, selain untuk wisata, ikon juga untuk sarana edukasi,” ujarnya.

Sementara itu, Manager External Relations PT Kaltim Prima Coal (KPC) Yorden Ampun mengatakan bahwa semua yang hadir adalah saksi sejarah dimulainya pembongkaran dan perakitan fisik truk yang akan dijadikan ikon tambang Sangatta.

“Ini adalah momentum yang bersejarah, walaupun melalui proses yang sangat panjang, akhirnya Pemerintah Kabupaten Kutai Timur memperoleh legalitas dan persetujuan dari pemerintah pusat,” ujarnya

Ditambahkannya, program ini merupakan dukungan PT KPC dalam upaya membantu pemerintah mendongkrak sektor pariwisata, dirinya berharap dengan terbangunya ikon tambang ini akan tersiar ke daerah-daerah lainnya.

“Dengan demikian Kutim menjadi daerah pertama yang membangun ikon tambang yang ikonnya adalah alat berat asli,” ucap Yorden.

Diketahui, Liebherr T282B adalah salah satu dumptruck terbesar yang dirancang tahun 2004 oleh produsen Jerman. T282 dipersenjatai dengan unit V20 yang mampu mengembuskan daya hingga 3.650 TK (Tenaga Kuda). Namun, truk tambang ini hanya mampu berjalan 64 km per jam dengan beban maksimum.

Liebherr T282B memiliki dimensi panjang 14,5 meter, lebar 8,7 meter dan tinggi 7,4 meter. Kapasitas bahan bakar di tangki truk ini dapat menampung 4732 liter. Sementara tinggi ban T282B mencapai 6,6 meter.

Dumptruck ini telah pensiun dari KPC dan dipindah lokasi ke Bukit Pandang, Pusat Perkantoran Pemkab Kutim di Bukit Pelangi, Sangatta. Truck ini diharapkan menjadi salah satu daya tarik wisata dan menjadi pusat hiburan masyarakat, sangat cocok jadi lokasi swa foto.(*)

Penulis: Ital