Kesbangpol Bersama Tim FKUB Kutim Lakukan Studi Tiru ke FKUB Klungkung Bali

Kronikkaltim.com – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) bersama tim Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) lakukan kunjungan dan studi tiru ke FKUB Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali.

Rombongan Kesbangpol dan FKUB Kutim disambut langsung Ketua Umum FKUB Bali sekaligus Ketua Assosiasi FKUB se- Indonesia, Ida Pangelingsir Agung Sukehet di Rumah Kerukunan Puri Den Besakih, Jalan Raya Basakih no 16 Akah Semarapura Klungkung, Bali, Rabu (28/08/2024).

Turut hadir juga, Kaban Kesbangpol Klungkung I Dewa Kt.Sueta Negara, Ketua FKUB Kab Klungkung IGM Wardika, Sekretaris FKUB Klungkung I.Gd.Nurjaya, beserta tokoh-tokoh agama dari unsur Perlita dan Pelita menyambut kedatangan rombongan yang dipimpin Kabid Ideologi,Wawasan Kebangsaan, Ketahanan Ekonomi, Sosial Budaya dan Agama Kesbangpol Kutim, Hapiah dan Wakil Ketua 1 FKUB Kutim Mujahidul Wathoni.

Dalam sambutannya, Ketua Umum FKUB Bali sekaligus Ketua Assosiasi FKUB se- Indonesia, Ida Pangelingsir Agung Sukehet menyampaikan selamat datang kepada rombongan Kesbangpol dan FKUB Kutim yang telah sudi untuk singgah dan bertandang ke FKUB Klungkung Bali.

“Kami sangat menghormati tamu yang datang, bahwa tamu itu adalah dewa yang wajib di hormati, dihargai dan di jamu dengan baik. Karena pastinya membawa kebaikan,” ucap Ida Pangelingsir Agung Sukehet.

Ia juga mengapresiasi Pemerintah Kutim yang mempunyai Pemimpin daerah (Bupati) yang sungguh peduli dengan kerukunan umat beragama dan kerukunan lainnya.

“Sungguh jarang sekali seorang pemimpin daerah peduli dengan hal seperti ini. Patut untuk dipertahankan dan sampaikan salam saya kepada bapak Bupati Kutim, salam kerukunan,” ujarnya.

Sementara itu, Kabid Ideologi, Wawasan Kebangsaan, Ketahanan Ekonomi, Sosial Budaya dan Agama Kesbangpol Kutim, Hapiah menyampaikan terima kasih atas sambutan dan suatu kehormatan yang luar biasa dari pihak FKUB Kabupaten Klungkung.

“Kami juga menyampaikan permohonan maaf Kaban Kesbangpol Kutim berhalangan untuk hadir karena sedang menjalankan tugas lain, sehingga diwakilkan kepada saya untuk mewakili sebagai pendamping,” ujar Hapiah.

Hapiah juga menjelaskan sekilas tentang profil Kabupaten Kutai Timur serta uraian keberadaan tentang FKUB Kutim.

“Kunjungan ini merupakan kebijakan dari Pimpinan Daerah Kutim bahwa FKUB tahun 2024 diberikan dana hibah sebesar Rp 1 miliar dari APBD Kutim,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Wakil Ketua I FKUB Kutim Mujahidul Wathoni, menyampaikan terima kasih yang begitu mendalam atas sambutan luar biasa dari pihak FKUB Kabupaten Klungkung.

“Kami juga menyampaikan permohonan maaf dari Ketua FKUB Kutim H.Hafied Yusuf yang semulanya berkeinginan untuk berkunjung, tetapi berkaitan dengan kesehatan yang menurun, sehingga tidak bisa hadir berkunjung,” ujar Mujahidul.

Mujahidul juga mengungkapkan maksud dan tujuan kunjungan FKUB Kutim adalah menjalin silaturahmi sekaligus menambah wawasan dengan melihat dan beredukasi ke pihak FKUB Kabupaten Klungkung.

“Tujuan kami kesini untuk menjalin silaturahmi dan menambah wawasan serta edukasi untuk menjaga kerukunan antar umat beragama dengan pihak FKUB di Kabupaten Klungkung,” tutupnya.

Penulis: Heristal