Hari Kedua di Yogyakarta, Paskibraka Kutim Kunjungi Dieng hingga Kebun Teh Tambi

Kronikkaltim.com – Serangkaian kegiatan dilakukan rombongan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) bersama Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tahun 2024 beserta pelatih Paskibraka di hari kedua di Daerah Istimewa Yogyakarta, Selasa (20/08/2024).

Kegiatan yang dilakukan di hari kedua tersebut, mengunjungi beberapa objek wisata yang populer di Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, yakni objek wisata Dieng, Candi Arjuna, Batu Pandang Ratapan Angin, Kebun Teh Tambi dan sesi outbond.

Rombongan mulai start dari hotel sekitar pukul 05:00 WIB menuju wisata Dieng, untuk menikmati langsung sunrise atau matahari terbit dan view gagahnya Gunung Sindoro. Setelah menikmati panorama sunrise, rombongan langsung menuju ke wisata Candi Arjuna di Banjarnegara.

Dalam kunjungan ke Candi Arjuna, rombongan beberapa kali mengabadikan momen di Candi Arjuna. Seperti diketahui, Candi Arjuna merupakan salah satu peninggalan Kerajaan Mataram Kuno. Candi yang didirikan sekitar abad 8 masehi ini juga menjadi peninggalan dari peradaban agama Hindu.

Usai mengunjungi Candi Arjuna, rombongan kembali melanjutkan perjalanan menuju Batu Pandang Ratapan Angin. Di Batu Pandang Ratapan Angin, rombongan disuguhkan dengan pemandangan telaga warna.

Keunikan dua telaga yang berdampingan tersebut, tampak hanya dipisahkan daratan yang kecil, namun keduanya memiliki warna yang berbeda. Satu cenderung lebih hijau, sementara telaga sebelahnya air cenderung jernih.

Selanjutnya, rombongan menuju ke Kebun Teh Tambi Wonosobo. Hamparan tanaman teh yang hijau menambah suasana sejuk dengan dipadukan kokohnya Gunung Sindoro yang menjulang tinggi. Perkebunan ini sendiri telah ada sejak tahun 1865 dan dirikan oleh Pemerintah Belanda.

Sekitar jam 10:50 WIB, rombongan kembali ke hotel untuk menikmati makan siang bersama. Dengan dipandu pihak tour guide, paskibraka Kutim 2024 mengikuti sejumlah games yang telah disiapkan, sehingga menambah suasana keakraban dengan penuh canda tawa.

Kepala Kesbangpol Kutim, Tejo Yuwono melalui Kabid Ideologi Wawasan Kebangsaan, Ketahanan Ekonomi, Sosial, Budaya dan Agama Kesbangpol Kutim, Hapiah menyampaikan kegiatan pada hari kedua Paskibraka Kutim 2024 lebih difokuskan untuk menikmati destinasi wisata yang ada di Jogja.

“Kita membawa adik-adik paskibraka untuk refreshing dan bersenang-senang. Paginya kita ke Wisata Dieng, kemudian ke Candi Arjuna, Kebun Teh Tambi Wonosobo, kemudian kita berangkat langsung ke pusat kota Jogja,” ucap Hapiah.Hari Kedua di Yogyakarta, Paskibraka Kutim 2024 Kunjungi Dieng hingga Kebun Teh Tambi

Hapiah mengungkapkan kegiatan Paskibraka Kutim 2024 di hari kedua berjalan dengan lancar dan rencananya besok rombongan Paskibraka Kutim akan berkunjung ke Akademi Angkatan Udara (AAU) Yogyakarta.

“Adik-adik Paskibraka besok akan diberikan edukasi dalam hal kemiliteran angkatan udara, supaya mereka memahami proses perekrutan masuk mendaftar menjadi prajurit angkatan udara. Intinya kita membawa adik-adik paskibraka ini untuk bisa memahami daerah lain dalam hal menumbuhkembangkan kreativitas mereka,” ungkapnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan salah satu ilmu yang bisa di dapatkan dari kegiatan karyawisata tersebut, untuk menyerap pengalaman dan budaya. Salah satunya Yogyakarta yang terkenal dengan budaya keratonnya.

“Nanti juga kita akan berkunjung ke Keraton Yogyakarta, mudah-mudahan nanti ada semacam ilmu wawasan mereka kearah sosial budaya dan itu di bawa ke daerah kita. Karena kebetulan kita di Kutai Timur juga punya budaya keraton, yakni Keraton Kutai Kartanegara,” tutupnya.(*)

Penulis : Heristal