Paskibraka Kutim 2024 Lakukan Bimtek dan Karyawisata Edukasi di Yogyakarta

Kronikkaltim.com – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) bersama Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tahun 2024 beserta pelatih Paskibraka melakukan Bimbingan Teknis dan Karyawisata ke Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin (19/08/2024).

Kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi atas bentuk dedikasi dan pengorbanan 36 orang Paskibraka Kutim, usai melakukan tugas pada pelaksanaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia (RI) di Kutim.

Rombongan Paskibraka Kutim 2024 tiba di Bandara Internasional Yogyakarta, pukul 15:40 WIB. Sebelumnya dijadwalkan keberangkatan dari Samarinda-Yogyakarta pukul 09:30 WITA, namun kondisi cuaca yang tidak mendukung, akhirnya berangkat sekitar pukul 14:00 WITA.

Rombongan yang berjumlah 84 orang itu, rencananya akan melakukan kunjungan langsung ke Akademi Angkatan Udara (AAU) Yogyakarta, karena adanya keterlambatan pemberangkatan pesawat akibat faktor cuaca, sehingga dijadwalkan ulang di hari berikutnya.

Kepala Kesbangpol Kutim, Tejo Yuwono, mengatakan kegiatan ini sebagai bentuk reward kepada Paskibraka Kutim yang diberikan oleh Pemerintah Kutim.

“Sebagai reng awal, mudah-mudahan kedepannya kita usahakan ada reward buat mereka (Paskibraka) sebuah harapan tentang masa depan, baik melalui beasiswa yang saat ini sementara kita rencanakan,” ucap Tejo Yuwono.

Tejo Yuwono mengungkapkan bahwa antusiasme dari para Paskibraka begitu semangat. Artinya ada keterkaitan dengan apa yang selama ini mereka lakukan latihan untuk jadi Paskibra dengan tujuan Ajangsana ke AAU Yogyakarta.

“Siapa tahu dengan berkunjung ke AAU Yogyakarta, singkron jiwa-jiwa nasionalismenya, sehingga mungkin bisa ditumpahkan dalam mengejar cita-cita sebagai seorang angkatan Udara,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan tujuan utama kegiatan tersebut untuk memberikan edukasi, bahwa dengan mengimplementasikan rasa nasionalisme itu bisa menjadi jalan untuk jadi pasukan Trimatra angkatan udara.

“Yang jelas, hal yang paling penting kegiatan ini nilai filosofisnya adalah dalam diri mereka (Paskibraka) tumbuhlah rasa nasionalisme tentang berbangsa, bernegara dan bermasyarakat. Hal yang terpenting juga, dalam jiwa dan pikiran tertanam sebuah ideologi negara Indonesia yaitu pancasila,” tutupnya.

Diketahui, untuk hari kedua, rombongan Kesbangpol bersama Paskibraka Kutim 2024 akan mengunjungi objek Wisata Dieng, yang terletak diantara Banjarnegara dan Wonosobo, Jawa Tengah.

Penulis : Heristal