Pemuda Bontang Lolos ke Ajang Pemuda Pelopor Tingkat Nasional

Kronikkaltim.com – Pemuda asal Bontang Choliq Hidayah berhasil mewakili Kaltim di ajang Pemilihan Pemuda Pelopor Nasional. Pemuda ini terpilih setelah berhasil menjadi yang terbaik di tingkat Provinsi.

Pemilihan Pemuda Pelopor Tingkat Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) tahun ini digelar di Room Kariangau, Novotel Balikpapan, Selasa 11 Juni 2024.

Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Timur (Dispora Kaltim) menetapkan lima pemuda pelopor tahun 2024. Mereka terpilih setelah melalui sejumlah tahapan seleksi dalam mengikuti penilaian pemuda pelopor, dengan membawa nama kabupaten dan kota masing-masing.

Kelima pemuda pelopor tersebut yakni Sudirman asal Kutai Kartanegara dengan bidang Kepeloporan Pangan. Kemudian Ardis Christian asal Kota Balikpapan dengan bidang kepeloporan Pengelolaan Sumber Daya Alam, Lingkungan Dan Pariwisata.

Selanjutnya, ada Al Ali Murrabbaniah asal Kutai Kartanegara dengan bidang kepeloporan Pendidikan. Keempat, Ary Febrian Masis asal Penajam Paser Utara dengan bidang kepeloporan Seni Budaya. Dan terakhir Choliq Hidayah asal kota Bontang dengan bidang kepeloporan Inovasi Teknologi.

“Lima pemuda pelopor yang telah ditetapkan ini akan mendapat pembekalan untuk kesiapan mewakili Kaltim ke tingkat nasional,” kata Kepala Dispora Kaltim Agus Hari Kesuma.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda Olahraga Parawisata dan Ekonomi Kreatif, Rafidah mengatakan, Pemilihan Pemuda Pelopor ini diharapkan menjadi momentum bagi generasi muda untuk lebih semangat dalam berinovasi dan berkontribusi bagi daerahnya.
“Lomba tingkat nasionalnya di hari Sumpah Pemuda nanti,” ujar Rafidah, Rabu (26/6/2024).

Dengan adanya ajang seperti ini, diharapkan pemuda Kaltim bisa terus mengembangkan kreativitas dan inovasinya, serta membawa nama baik daerah di kancah nasional.
“Pemuda kita yang memiliki bakat kita rangkul terus,” ujar rafidah.

Choliq Hidayah pun merasa bangga bisa mewakili Kota Bontang ke tingkat Nasional. Inovasi yang dia kembangkan adalah pembuatan baling-baling dari bahan daur ulang. Katanya, inovasi itu didapatkan ketika dirinya berada dibangku kuliah di teknik material dan metarulgi.

Choliq membeber baling-baling yang dibuatnya berasal dari alumunium rumah tangga, bengkel, dan perusahaan.

“Berkualitas namun tetap ekonomis bagi nelayan Kota Bontang dan Provinsi Kaltim,” kata Choliq. (*)