Khusus Penataan Kota Sangatta, DPRD Kutim Minta Pemerintah Tertibkan Pasar Tumpah di Jalan-jalan Protokol

Kronikkaltim.com – Yang sering menjadi musuh dalam penataan kota dan kebersihan adalah banyaknya pedagang kaki lima (PKL) dan pasar tumpah di beberapa ruas jalan protokol kota Sangatta, Kabupaten Kutai Timur (Kutim).

Hal ini menjadi sorotan Ketua Panitia Khusus (Pansus) Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Kutim Tahun Anggaran 2022, David Rante di Ruang Sidang Utama DPRD Kutim, Bukit Pelangi, Selasa (16/05/2023).

Menurutnya, penertiban masyarakat, utamanya di jalan protokol yang melakukan pasar tumpah harus segera dilakukan penertiban oleh pemerintah, karena menganggu aktivitas masyarakat yang lain.

“Kami berharap itu dilakukan pemerintah dan kami telah sampaikan kepada SKPD-SKPD terkait pada saat pelaksanaan LKPJ,” ucap David Rante.

Politisi Partai Gerindra tersebut mengungkapkan kondisi saat ini, pasar tumpah sudah mulai mengganggu lalulintas. Utamanya saat pada pagi hari dan sore hari.

“Kalau pasar tumpah ini terus dibiarkan, nantinya akan semakin sulit ditertibkan dan kota Sangatta akan semakin kumuh,” ungkapnya.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang mengatakan pemerintah perlu tindak lanjuti, karena tidak bisa dipungkiri saat ini memang banyak masyarakat yang berjualan di pinggir jalan yang sangat mempengaruhi lalulintas dan juga kota.

“Walaupun sebenarnya sudah ditertibkan, namanya masyarakat juga cari usaha. Kita terbentur dengan itu, saya pikir kewajiban pemerintah untuk menertibkan,” ucap Kasmidi Bulang.

Kasmidi mengungkapkan pihak pemerintah telah melakukan pendekatan berupa edukasi, namun fakto mereka berjualan diarea itu memudahkan masyarakat yang jauh dari pasar yang telah disiapkan.

“Dengan kondisi-kondisi itu, kita juga memberikan edukasi yang salah, nanti akan semrawut kota kita. Kita tidak melarang mereka mencari nafkah, tapi harus ada juga aturan yang harus kita sama-sama sepakati,” pungkasnya. (adv)

Reporter: Heristal

Diterbitkan pada: Mei 18, 2023 pukul 23:45