Dinkes Kutim Sediakan Pengobatan HIV/AIDS hingga Kecamatan

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kutim dr Bahrani Hasanal (ist)

Kronikkaltim.com – Dinas Kesehatan Kutai Timur (Kutim) menyediakan obat khusus HIV/AIDS yakni antiretroviral (Arv) hingga ke pelosok kecamatan di wilayah kerjanya.

Kepala Dinkes Kutim, Bahrani Hasanal menyatakan, Arv disediakan hingga ke fasilitas kesehatan (faskes) di tingkat kecamatan atau Puskesmas.

“Kami meningkatkan pelayanan dengan menyediakan Arv hingga di beberapa Puskesmas kecamatan, kan tadinya hanya bisa diambil di RSUD Kudungga,” terang Bahrani belum lama ini.

Baharani berharap dengan peningkatan pelayanan kesehatan khususnya untuk penyakit HIV/AIDS tersebut, masyarakat dapat mencegahnya. Selain itu, dengan rutin minum obat Arv, kualitas hidup bagi penyintas HIV/AIDS tidak seperti sebelum minun obat atau pesimis, melainkan dapat lebih optimis.

“Kita juga ingin dengan pengetahuan yang ada, masyarakat benar-benar dapat menerapkan sehingga nanti di 2030 tidak ada lagi atau program three zero bisa berhasil,” bebernya.

Dalam rangka program eliminasi tahun 2030 yang diluncurkan oleh Kementerian Kesehatan RI, Dinkes Kutim mengupayakan terus melakukan dobrakan-dobrakan untuk mendukung program tersebut.

Ditambah wilayah Kalimantan Timur yang akan menjadi pusat ibukota negara di masa yang akan datang, Dinkes Kutim terus melakukan peningkatan pelayanan.

Dala hal ini Bahrani berkata “kami ada standar-standar peningkatan pelayanan, itu ada beberapa spm (standar pelayanan minimal) salah satunya HIV/AIDS,”.