Reses, Jimmi Ungkap Sederet Infrastrukur yang Siap Dibangun Pemkab Kutim. Apa Saja?

Kronikkaltim.com – Anggota DPRD Kutai Timur (Kutim), Jimmi tengah melaksanakan Reses Masa Sidang I Tahun 2022/2023. Agenda menyerap aspirasi masyarakat masa sidang itu salah satunya digelar di Gang Nusantara, RT 45/RW 02 Kelurahan Teluk Lingga, Kecamatan Sangatta Utara, Selasa (29/11/2022) malam.

Sebelum mendengarkan aspirasi, Jimmi terlebih dahulu menyampaikan terima kasih kepada semua warga yang telah hadir dalam kebersamaan malam itu.

Selanjutnya, Jimmi membeberkan sederet rencana pembangunan infrastruktur yang saat siap dibangun oleh pemerintah daerah.

Legislator Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini mengemukakan bahwa sejumlah anggaran pembangunan infrastrukur tengah dibahas, antara badan anggaran (Banggar) DPRD Kutim dan tim anggaran pemerintah daerah (TAPD) Pemkab Kutim. Termasuk kegiatan tahun jamak atau Multi Years Contract (MYC) tahun 2023.

Khusus pembanguan di Kecamatan Sangatta Selatan, Jimmi menyatakan, pemerintah daerah akan membangun pasar Sangatta Selatan di kawasan lapangan Garuda dengan anggaran senilai 35 miliar.

“Lapangan ini sebelumnya mau dibangun masjid tapi masyarakat banyak yang tidak setuju, akhirnya sepakat untuk dibangun pasar saja. Kemudian untuk masjid At-taubah Sangatta Selatan tetap, akan diperbesar bangunannya, itu anggarannya sekitar 30 miliar,” paparnya.

Yang sepesial bagi warga Sangatta Utara, kata Jimmi, pemerintah daerah menganggarkan untuk pembanguan Pelabuhan Kudungga yang terletak di Dusun Kenyamukan, dengan skema anggaran MYC.

“Untuk tahun 2023/2024 itu anggarannya mencapai 120 miliar, itu jalanan-nya. Jadi rencananya pelabuhan itu anggarannya sekitar 300 miliar, kemudian ada bantuan dari PT KPC sebesar 30 miliar, kemudian ada juga dari APBN,” terang Jimmi.

Jimmi menyebut DPR RI telah membahas dan memasukan anggaran pelabuhan tersebut senilai 80 miliar. “Jadi kurang lebih 230 miliar anggaran pelabuhan itu,” sambung Jimmi.

Jimmi menambahkan, eksekutif dan legislatif optimis mewujudkan Pelabuhan Kudungga Sangatta. Sebagai wujud syukur dan kebanggan, Tahun 2023, Bupati akan melaksanakan upacara HUT Kutim di kawasan pelabuhan tersebut.

“Insya Allah mudah-mudahan bisa selesai karena pelabuhan itu akan berdampak positif bagi perekonomian. Terutama khususnya warga di Sangatta Utara,” tuturnya. (*).

Imran