32 Tim Perwakilan Sekolah Ramaikan Lomba Cerdas Cermat Dandim 0909 Cup 2022

Kronikkaltim.com – Untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 77 Republik Indonesia (RI) serta sebagai tindakanlanjut perintah Komandan Korem 091/ASN, yang akan melaksanakan Lomba Cerdas Cermat tingkat Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), maka Kodim 0909/Kutai Timur menggelar Lomba Cerdas Cermat Dandim 0909 Cup 2022.

Lomba yang mengusung tema “Bela Negara dan Pengetahuan Agama Islam Tingkat SLTP/Sederajat” dibuka Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman, yang ditandai dengan pemukulan gong di Aula Makodim 0909/Kutai Timur, Rabu (27/7/2022).

Turut dihadiri Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang,  Ketua DPRD Kutim Joni, Plt Kepala Dinas Pendidikan Kutim Irma Yuwinda, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Camat Sangatta Utara Hadiah serta undangan lainnya.

Dandim 0909/Kutim Letkol Czi Heru Aprianto mengatakan lomba itu merupakan tindakanlanjut perintah Komandan Korem 091/ASN, yang akan melaksanakan Lomba Cerdas Cermat kategori Bela Negara dan Pengetahuan Agama Islam Tingkat SLTP/Sederajat tingkat Provinsi Kaltim dan akan melibatkan peserta dari delapan Kabupaten dibawah naungan Korem Korem 091/ASN.

“Lomba Cerdas Cermat tingkat Provinsi Kaltim nanti akan dilaksanakan di Makorem 091/ASN di Samarinda, pada tanggal 3-4  Agustus 2022.  Sehingga perwakilan Kabupaten Kutim nanti akan berjuang pada perlombaan di Samarinda. Untuk itu kami mengambil langkah menyelenggarakan lomba di wilayah kita (Kutim), sebagai langkah seleksi awal untuk mencari putra/putri terbaik yang akan mewakili Kabupaten Kutim nantinya,” jelasnya.

Lebih lanjut ditambahkan Imam Nawawi, lomba tersebut diikuti 32 tim perwakilan dari masing-masing sekolah di Sangatta. Satu tim terdiri dari 3 orang pelajar tingkat SLTP/MTs, dari 32 pelajar dibagi dalam 2 kategorikategori,  yaitu Bela Negara dan Pendidikan Agama Islam.

“Akan memperebutkan juara 1,2,3 dan 4. Juara 1 (Kategori Bela Negara dan Pendidikan Agama) akan mewakili Kabupaten Kutim pada Lomba Cerdas Cermat Danrem 091/ASN Cup  tingkat Provinsi Kaltim,” ucapnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Penyelenggara, Danramil 0909-02/ Sangkulirang, Kapten Infanteri Imam Nawawi mengatakan, maksud kegiatan itu sebagai gambaran secara garis besar tentang pelaksanaan pada lomba cerdas cermat kategori Bela Negara dan Pengetahuan Agama Islam Tingkat SLTP/SederajatSederajat diwilayah Kutim.

“Sebagai bahan masukan dan pertimbangan bagi komando atas dalam menentukan kebijakan selanjutnya. Dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 27-28 Juli 2022 di Aula Makodim 0909/Kutim,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman  mengapresiasi Dandim 0909/Kutim yang telah melaksanakan kegiatan lomba cerdas cermat yang merupakan ide dari Korem 091/ASN yang akan melaksanakan kegiatan tersebut di Kaltim pada Agustus nanti.

“Saya kira kegiatan ini akan menjadi pemikiran bagi Dinas Pendidikan Kutim, yang dikaitkan dengan kondisi kekinian. Persoalan kekinian kita seperti Covid-19, protokol kesehatan, persoalan ekonomi kerakyatan dan seterusnya. Ini pelajaran yang tidak dipelajari di kelas tetapi sering menjadi momok,” ujarnya. (Dkomif/Adv).