FGD KEK MTBK, Kepala DPMPTSP Kutim Ungkap Pembanguan SUTT Penunjang Infrastruktur Kelistrikan

Kronikkaltim.com – Focus Group Discussion Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Maloy Batuta Trans Kalimantan (MTBK) digelar di Aula Sinergi Kantor Bea Cukai Sangatta, Kamis 9 Juni 2022 pukul 09.00 WITA.

Menghadirkan Kepala Kanwil DJBC Kalbagtim Kukuh Sumardono Basuki dan tim, FGD diikuti Kepala KPPBC Sangatta Benny Wismo Noegroho, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Kutai Timur Teguh Budi Santoso, dan perwakilan Perusahaan Daerah (perusda) Melati Bhakti Satya.

FGD diawali dengan pemaparan laporan perkembangan KEK MBTK oleh perwakilan Perusda Melati Bhakti Satya. Dipaparkan bahwa pada awalnya pembentukan KEK MTBK ditujukan untuk memfasilitasi perusahaan yang bergerak di bidang crude palm oil (CPO). Namun seiring berjalannya waktu dikembangkan sehingga menjadi multi-purpose dan dapat memfasilitasi perusahaan yang bergerak di bidang kelapa sawit, kayu, energi dan logistik.

Teguh Budi Santosa menyampaikan bahwa saat ini sedang dibangun saluran udara tegangan tinggi (SUTT) untuk menunjang kelistrikan di area KEK. “Diharapkan terdapat kelebihan pasokan listrik yang juga dapat dimanfaatkan masyarakat di daerah Kaltara,” terangnya.

Kukuh Sumardono Basuki menekankan pentingnya monitoring dan evaluasi untuk mengetahui daftar ekspektasi para investor dan berupaya untuk memenuhinya agar keberlangsungan penyelenggaraan KEK dapat terjaga.

“Ketika ekspetasi itu terpenuhi maka para investor akan memberikan review yang baik dan akan menyebarkan citra baik itu kepada calon- calon investor lainnya,'” jelasnya.

Di akhir acara, Benny Wismo Noegroho menyampaikan bahwa Bea Cukai Sangatta siap mendukung penuh dan melakukan asistensi yang dibutuhkan demi keberlangsungan KEK. Ia berahap dengan beroperasinya KEK MBTK dapat menunjang giat ekonomi khususnya wilayah Kutai Timur. (*).

Editor: Imran