Blusukan ke Ranpul, Dirut Perumdam Suparjan Pastikan Kesiapan IPA Layani Ribuan Masyarakat

Blusukan ke Ranpul, Dirut Perumdam Suparjan Pastikan Kesiapan IPA Layani Ribuan Masyarakat

Kronikkaltim.com – Direktur Utama Perusahaan Air Minum (Perumdam) Tirta Tuah Benua (TTB) Kutai Timur, Suparjan turun langsung meninju Instalasi Pengolahan Air Minum (IPA) Rantau Pulung (Ranpul), Rabu (18/5/2022) pagi.

Kedatangan Suparjan bersama rombongan, blusukan mengecek kondisi riil kesiapan IPA Ranpul yang akan segera melayani ribuan masyarakat.

Suparjan didampingi Direktur Teknik, Dewan Pengawas Andi Agri, beserta jajaran Perumdam TTB Kutim. IPA tersebut terletak di Desa Rantau Makmur, SP 4, Kecamatan Rantau Pulung, Kutai Timur.

Suparjan menerangkan, IPA Ranpul yang saat ini dibangun memiliki kinerja pelayanan dengan kapasitas 25 liter per detik. Mampu melayani hingga 2.000 kepala keluarga (KK) di Kecamatan Rantau Pulung.

Adapun IPA Ranpul sebelumnya, telah melayani masyarakat hingga 750 KK di Ranpul dengan kapasitas 5 liter per detik. Lantas jika ditotal, IPA Ranpul dapat melayani masyarakat hingga 2.750 KK dengan kapasitas 30 liter per detik.

“IPA yang baru ini dari anggaran murni Perumdam TTB, yang dimulai pada tahun anggaran 2021, dan direalisasikan pada tahun anggaran 2022, dengan anggaran mencapai Rp 3,5 miliar,” beber Suparjan kepada awak media Halokaltim usai peninjauan.

Nantinya, daerah yang akan dilayani IPA Ranpul antara lain Desa Kebon Agung, Margo Mulyo, Tulung Sari, Masalap Raya, hingga Rantau Makmur.

“Dengan adanya IPA Ranpul saat ini, kami berharap dapat melayani cakupan air bersih masyarakat hingga 70 persen. Setidaknya kami target pemasangan akan berlangsung ke rumah-rumah warga sekitar dua sampai tiga tahun ke depan,” harapnya.

Adapun hasil peninjauan pada Rabu pagi tersebut, menurut Suparjan, pembangunan IPA Ranpul masih memerlukan sedikit pemantapan hingga benar-benar maksimal. (Ray).