Forum Pembauran Kebangsaan Kutim Dikukuhkan, Ini Harapan Wabup

Forum Pembauran Kebangsaan Kutim Dikukuhkan, Ini Harapan Wabup

Kronikkaltim.com – Pemkab Kutai Timur (Kutim) melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) melaksanakan pengukuhan Pengurus Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kutim, di ruang Meranti, Kantor Bupati Kutim, Bukit Pelangi, Kamis (31/3/2022).

Pengukuhan tersebut berdasarkan SK Bupati Kutim nomor : 214.2/k.252/2022 tertanggal 22 Maret 2022 tentang perubahan lampiran keputusan Bupati Kutim Nomor : 214.2/k.769/2021 tentang pembentukan forum pembauran kebangsaan FPK dan Dewan Pembina Kutim.

Forum Pembauran Kebangsaan Kutim Dikukuhkan, Ini Harapan Wabup

Pengurus FPK Kutim ini dikukuhkan oleh Wakil Bupati Kutim, Kasmidi Bulang. Adapun unsur pengurus FKP Kutim yang dikukuhkan yaitu Ketua H. Abdul Hafied Yusuf, Wakil ketua Warindo MPd, Sekretaris Albert, SH, dan Bendahara Pieter Buyang Spi,MSi.

Dalam arahannya, Kasmidi menyatakan atas nama Pemkab Kutim dirinya mengucapkan selamat dan apresiasi kepada pengurus FPK Kutim yang baru dilantik. Dikatakannya, Pemkab wajib mengoptimalkan tugas forum-forum pemerintah Kutim terutama dalam memelihara ketentraman dan ketertiban masyarakat dari ancaman gangguan.

Dia menilai, FPK merupakan bagian yang sangat penting dalam kerukunan nasional. Untuk itu, pengurus yang terpilih merupakan partner pemerintah yang harus bisa membantu dalam menjalankan program-program dan kebijakan pemerintah daerah

“FPK harus bisa memelihara persatuan dan kesatuan dalam memupuk kebhinekaan antar suku dan ras yang heterogen di Kabupaten Kutai Timur,” ucap Kasmidi.

Kasmidi menjelaskan, forum-forum pemerintah yang dibentuk secara resmi yaitu FPK, FKUB dan FKDM memiliki tugas membantu pemerintah dalam memelihara ketentraman dan ketertiban masyarakat sehingga Kutim terus bisa aman dan damai.

“Semoga Alloh SWT Tuhan YME selalu memberikan perlindungan dan keselamatan bagi kita semua,” tutur Kasmidi.

Sementara itu, Sekretaris Bakesbangpol Kutim Suyatno memaparkan mengenai FPK sebagai forum resmi yang dibentuk oleh Pemerintah di bawah naungan Bakesbangpol.

Forum Pembauran Kebangsaan Kutim Dikukuhkan, Ini Harapan Wabup
Panitia

FPK, kata dia, memiliki tugas membantu pemerintah dalam menciptakan persatuan dan kesatuan bangsa melalui pembauran kebangsaan beberapa etnis, adat istiadat dan budaya Kutim yang beraneka ragam dalam memelihara ketertiban dan ketentraman masyarakat.

Hadir dalam acara, Ketua Pengadilan Negeri Sangatta Yulanto Prafifto, Sekretaris Kesbangpol Kutim Suyitno, Perwakilan Danlanal Kutim Kapten Gunawan, Perwakilan Kejaksaan Neger Sangatta Bayu N, Perwakilan Kapolres Iptu Sudarko, Perwakilan Binda Kutim Bagus, Ketua FKDM Khoirul Arifin, Ketua FKUB H. Hafidullah Yusuf, Perwakilan SKPD Pemkab Kutim, Para Ketua Paguyuban dan tamu undangan lainnya. (Red)