Kaltim Kini Miliki Kampung Pancasila di Desa Rantau Makmur, Kutai Timur

Kaltim Kini Miliki Kampung Pancasila di Desa Rantau Makmur, Kutai Timur

Kronikkaltim.com – Kalimantan Timur (Kaltim) kini memiliki Kampung Pancasila di Desa Rantau Makmur, sebuah desa yang terletak di Kecamatan Rantau Pulung, Kabupaten Kutai Timur (Kutim). Meski masyarakat di desa tersebut sangat heterogen, namun mereka bisa hidup berdampingan dengan rukun dan damai.

Adalah Camat Rantau Pulung, Mulyono bersama Danramil 0909-01 Sangatta/Koramil 0909-07 Teluk Pandan, Kapten Cba Heru Eko Susanto yang meresmikan kampung ideologi tersebut pada Selasa (29/3/2022) pagi.

Camat Mulyono berharap Kampung Pancasila dapat terus mempererat seluruh komponen agar terwujudnya kehidupan yang harmonis, meskipun ada perbedaan agama, suku, ras dan golongan.

“Pancasila dalam tindakan, melalui gotong Royong dan tujuan terbentuknya kampung Pancasila adalah untuk mengembangkan suatu kerukunan sesama sesuai nilai nilai Pancasila dan juga kerukunan antar umat beragama maupun antara suku bangsa,” ucap Mulyono.

Di tempat yang sama, Kapten Cba Heru Eko Susanto mengatakan, Pancasila sebagai pedoman dan pegangan dalam sikap, tingkah laku dan perbuatan dalam kehidupan sehari-hari baik dalam masyarakat berbangsa dan bernegara bagi bangsa Indonesia.

“Hal yang paling penting dalam satu negara (bukanlah siapa pemimpinnya) melainkan adalah persatuan dan kesatuan negara,” tuturnya.

Dipaparkannya, satukan keragaman suku dan agama dengan nilai dasar Pancasila bersama membangun Indonesia menjadi bangsa yang kuat.

“Bangsa yang besar dan bangsa pemimpin yang adil dan makmur jadikan perbedaan sebagai kekuatan bangsa,” terang Kapten Cba Heru Eko Susanto.

Peresmian Kampung Pancasila di Desa Rantau makmur juga dihadiri Kapolsek Rantau Pulung, Ketua BPD Rantau Makmur, ibu-ibu PKK, serta sejumlah tokoh masyarakat Desa Rantau Makmur.

Begitu pula dengan Kepala Desa Rantau Makmur Satino yang hadir bersama Kepala UPT P4, Perangkat Pemerintah Kecamatan Rantau Pulung, Kepala Unit PDAM Kecamatan Rantau Pulung, dan unsur terkait lainnya.

Kades Satino dalam kesempatan itu mengajak masyarkat untuk senantiasa menjaga serta menjalin persatuan dan hormati perbedaan. Dikatakannya, di tengah tengah masyarakat, penting untuk saling bahu membahu dalam bergotong royong dan memelihara silaturahmi antara suku maupun agama.

“Sebagai kepala desa ini adalah prioritas utama kenyamanan masyarakat memberikan pelayanan baik dalam bentuk sosial maupun keadilan karena pemerintah punya hak dan kewajiban begitu pun masyarakat,” ujar Satino.

Sementara itu, Babinsa Desa Rantau Makmur Serma Ansar menyatakan, Pancasila merupakan jati diri bangsa sebagai pondasi utama dalam memperjuangkan kepentingan rakyat dalam mewujudkan cita-cita para pendiri bangsa dan memperkokoh persatuan dan kesatuan negara.

“Kuat karena bersatu, bersatu kita kuat,” imbuhnya. (Red).