Silaturahmi, TP PKK-Baznas Kaltim Bahas Kerja Sama Entaskan Kemiskinan

Silaturahmi, TP PKK-Baznas Kaltim Bahas Kerja Sama Entaskan Kemiskinan

Kronikkaltim.com – Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kaltim menerima kunjungan silaturahmi jajaran Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Kaltim. Kunjungan dipimpin langsung Ketua Baznas Kaltim H Ahmad Nabhan. Hadir juga dalam kunjungan itu Wakil Ketua 1 Baznas Kaltim Miswan Thahadi, Wakil Ketua 2 Abdurrahman dan Direktur Pelaksana Baznas Kaltim Mutamam Harir.

“Kami sampaikan bahwa saat ini Baznas terus melakukan penguatan-penguatan program. Terutama bagaimana memanfaatkan dana zakat, infaq dan sedekah untuk upaya-upaya pengentasan kemiskinan,” kata Ahmad Nabhan di Kantor TP PKK Kaltim Jalan M Yamin Samarinda, Senin (27/3/2022).

Masalah terbesar para mustahik (penerima zakat) adalah ekonomi dan kemiskinan. Sebab itu, Baznas akan terus menjalin kemitraan dan kerja sama untuk mengangkat para mustahik lebih berdaya dan pada saatnya justru merekalah yang akan menjadi pembayar zakat (muzaki) dan pemberi infaq dan sedekah.

Baznas meyakini salah satu upaya pengentasan kemiskinan yang bisa dilakukan adalah meningkatkan peran para ibu. Bagaimana kaum ibu diberikan pelatihan dan modal usaha untuk membantu ekonomi keluarga.

“Makanya, salah satu program Baznas adalah mengembangkan UMKM,” ungkap Nabhan.

Wakil Ketua I TP PKK Kaltim Hj Erni Makmur Hadi Mulyadi berterima kasih, sekaligus menyambut baik kunjungan dan rencana kerja sama ini.

“PKK adalah mitra pemerintah. PKK memiliki 10 program pokok yang konsisten diaktualisasikan dalam kerja-kerja 4 Pokja (kelompok kerja) setiap tahunnya. Jadi jika Baznas bermaksud bekerjasama, tentu kami sangat menyambut baik,” ujar Hj Erni Makmur.

Dia berharap kerja sama ini agar bisa terus berlanjut hingga ke tingkat kabupaten dan kota, sehingga lebih banyak penerima manfaat yang bisa dijangkau. TP PKK Kaltim pun sangat terbuka untuk kerja sama dalam upaya menyukseskan program Kaltim bebas stunting. (adv).