Berkah di Balik Bencana Banjir Sangatta

Warga menjala ikan di Gang Masjid saat banjir Sangatta, Selasa (22/3/2022) (dokumen kronikkaltim.com)

Kronikkaltim.com – Banjir tak selalu berdampak buruk, sebab bisa juga mendatangkan rejeki bagi sebagian orang. Seperti halnya warga Desa Sangatta Utara, Kecamatan Sangatta Utara, Kutai Timur (Kutim), Kaltim yang ketiban berkah saat banjir melanda desanya.

Hujan yang mengguyur wilayah Kutim beberapa hari terakhir menyebabkan banjir di sejumlah daerah. Sungai Sangatta meluap dan tidak bisa menampung derasnya debit air yang menyebabkan banjir semakin tak terkendali, khususnya di Kecamatan Sangatta Utara dan Sangatta Selatan, mulai Sabtu (19/3/2022) lalu.

Banjir tersebut belum sepenuhnya surut pada, Selasa (22/3/2022). Di tengah kondisi itu, sejumlah warga Sangatta Utara menebar jala untuk menangkap ikan. Selain menggunakan jala, ada juga warga yang menangkap ikan dengan pancing hingga parang. Rata-rata ikan hasil tangkapan mereka ukurannya cukup besar.

“Alhamdulliah tadi dapat ikan emas dua ekor dan ikan sepat satu ekor, satu kali jala,” ucap salah satu warga yang menebar jala di kawasan Gang Masjid.

Entah dari mana pastinya ikan-ikan itu bermunculan. Bahar, warga Gang Masjid menyebut ikan juga ada dari kolam budidaya warga yang lepas karena banjir.

“Kalau ikan emas itu ikan peliharaan yang ikut terbawa banjir,” tuturnya.

Berkah Dibalik Banjir Sangatta

Selain menangkap ikan, usaha bengkel kendaraan bermotor juga ketiban berkah saat banjir menerjang Sangatta. Jumlah sepeda motor yang akan diservis terpantau meningkat di sejumlah bengkel motor di kawasan Jalan Ahmad Yani, Desa Sangatta Utara, Kecamatan Sangatta Utara.

Dari pengamatan media ini, rata-rata pemilik motor mengeluhkan kondisi mesin yang tidak lagi stabil hingga mati total saat banjir tersebut. Servis yang diberikan bengkel antara lain ganti oli dan filter oli, pembersihan karburator, hingga ganti busi.

Tak hanya kendaraan roda dua, kendaraan roda empat juga tak luput dari terjangan banjir. (Red).