Pemprov Apresiasi Keluarga Besar Muhammadiyah Bantu Korban Banjir Kutim

Kronikkaltim.com – Pemprov Kaltim mengapresiasi atas solidaritas dan semangat yang dibangun berbagai pihak membantu korban terdampak banjir di Kutai Timur (Kutim).

Tidak terkecuali bantuan dari Keluarga Besar Persyarikatan Muhammadiyah Kaltim, mulai Alumni Mapala STIE Muhammadiyah Samarinda, Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Samarinda, Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sadaqah Muhammadiyah (LAZISMU) Samarinda, OMOR dan BPO Kokam Kaltim.

“Alhamdulillah, gerakan seperti ini yang dibutuhkan. Bagus, sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama. Apalagi, kepada warga Kutim terdampak banjir besar yang kini masih terjadi,” ucap Kepala Biro Adpim Setdaprov Kaltim HM Syafranuddin, Rabu 23 Maret 2022.

Menurut Jubir Gubernur Kaltim ini, kepedulian wajib diberikan kepada warga yang terdampak bencana, tidak terkecuali bantuan pihak swasta.

Sehingga, ketika terjadi bencana bukan hanya pemerintah yang bergerak, tetapi semua pihak, baik swasta maupun organisasi masyarakat dan keagamaan.

Karena itu, menurut Ivan, apa yang dilakukan keluarga besar Muhammadiyah Kaltim sangat bagus.

“Semoga solidaritas ini juga harus diikuti komunitas lainnya, sehingga korban yang terdampak musibah merasa terbantukan,” jelasnya Ivan.

Kepala Dinas Sosial Kaltim HM Agus Hari Kesuma melalui Kabid Linjamsos Achmad Rasyidi menjelaskan, Pemprov Kaltim masih memonitor perkembangan kondisi korban terdampak banjir.

“Alhamdulillah, dapur umum masih berdiri, di Desa Singa Gembara Kecamatan Sangatta Utara. Bahkan, setiap kali masak di dapur umum, tim menyiapkan 3.000 bungkus,” jelasnya.

Adapun dari pihak Alumni Mapala STIE Muhammadiyah Samarinda menyumbangkan beberapa sembako, pakaian layak pakai dan tabung gas. Sedangkan MDMC, Lazismu Samarinda, OMOR dan BPO Kokam membantu sejumlah sembako untuk dapur umum dan perahu untuk evakuasi, tim kedua hari ini berangkat membawa delapan personil untuk mengevakuasi dan membantu warga terdampak. (jay/her/yans/adpimprovkaltim)

sumber: kaltimprov.go.id.