Pemprov Kaltim Geber Program Korporasi Desa 1.000 Sapi, Begini Skemanya

Pemprov Kaltim Geber Program Korporasi Desa 1.000 Sapi, Begini Skemanya

Kronikkaltim.com – Sebagai wujud dukungan pengembangan ketahanan pangan di Benua Etam, Pemprov Kaltim melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kaltim melaksanakan fasilitasi program korporasi desa 1.000 sapi. Terutama di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

Kepala DPKH Kaltim H Munawwar mengatakan, hal ini pun dilakukan pada Senin, 21 Maret 2022. Yaitu melalui Rapat Koordinasi dalam upaya kerja sama antara PT Berkah Salama Jaya (BSJ) dengan pengelola Koperasi Babulu Brahman Jaya, terkait fasilitasi program Korporasi Desa 1.000 sapi di Kabupaten Penajam Paser Utara.

“Karena itu, kami laksanakan rapat koordinasi, dengan tujuan agar hal-hal dituangkan dalam MoU tidak bertentangan dengan aturan yang telah ditetapkan. Dengan begitu, program korporasi desa 1.000 sapi terlaksana dengan lancar,” kata Munawwar, Jumat 25 Maret 2022.

Menurut Munawwar, rapat juga membahas bagaimana pengembangan 1.000 sapi di desa-desa se Kaltim. Apalagi Kaltim sebagai ibu kota negara baru Republik Indonesia, tentu kebutuhan daging sapi sangat diperlukan.

Mendukung program ketersediaan proteian asal hewani itu, DPKH Kaltim memfasilitasi menerima sapi komitmen dari berbagai perusahaan.

“Tujuan penyerahan sapi komitmen sebagai wujud peran serta swasta, pelaku kegiatan/usaha dan kepedulian perusahaan menambah peningkatan populasi sapi di Kaltim,” jelasnya.

Perusahaan yang menyerahkan yakni perusahaan batu bara IUP yang berpartisipasi secara berkelanjutan, mulai PT Internasional Prima Coal sejumlah 20 ekor, PT Alam Jaya Bara Pratama 42 ekor, PT Karya Usaha Pertiwi 11 ekor, PT Jembayan Muara Bara 20 ekor, PT Bara Tabang 20 ekor dan PT Tiwa Abadi 10 ekor. (adv).