Lahan Clear Jadi Atensi Wabup Kutim di Musrenbang Zona Pesisir

Lahan Clear Jadi Atensi Wakil Bupati Kutim saat Musrenbang di Zona Pesisir

Kronikkaltim.com – Lahan clear menjadi atensi Wakil Bupati Kutai Timur (Kutim), Kasmidi Bulang saat menghadiri Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan di zona pesisir, Senin (7/3/2022). Pasalnya, status lahan kerap mejadi masalah dalam proses pembangunan.

Dalam Musrenbang tingkat Kecamatan, di zona pesisir, yakni Kecamatan Sangkulirang, Sandaran dan Kaliorang, itu Kasmidi meminta kepada para kepala desa agar agar tidak mengusulkan pembangunan jika lahannya belum clear.

“Kalu mau membangun clear dulu tanahnya, harus jelas. Kalo itu hibah, harus ada saksi-saksinya sehingga kedepan tidak ada cleam dari ahli waris,” tegas Wabup.

Baca jugaMusrenbang RKPD 2023 Tingkat Kecamatan di Kutim Dimulai

Diberitakan sebelumnya, Musrenbang tingkat Kecamatan di zona pesisir, yakni Kecamatan Sangkulirang, Sandaran dan Kaliorang, dihadiri Bupati Kutim Ardinasyah Sulaiman, serta didampingi oleh sejumlah pejabat, dari Pj Sekda, Asisten, Kepala OPD, Forkopimda hingga pihak perusahaan.

Bupati berharap, pada Musrenbang kali ini seluruh peserta, baik dari tingkat Kecamatan maupun Desa dapat menyampaikan keluhannya selama ini, sekaligus untuk evaluasi perjalanan Musrenbang tahun lalu.

“Ada evaluasi Musrenbang sebelumnya. Serta dalam bahasa kasarnya ‘muntahkan semua’ biar Kabupaten mendengarkan. Juga sampaikan apa-apa pembangunan di daerah bapak/ibu masing-masing,” sebut Bupati.

Bupati juga memastikan, pelaksanaan Musrenbang bukan hanya seremonial semata. Namun, lantaran keterbatasan anggaran sehingga tidak semua program dapat terealisasi.

Hal senada juga disampaikan oleh Wakil Bupati Kutim, Kasmidi Bulang. Dirinya memastikan tidak ada program yang menyentuh masyarakat tidak bisa masuk. Maka Pemerintah Desa wajib untuk mendampinginya. (*).