Diisi Buka Puasa Bersama, Polres Kutim dan Kaum Buruh Silaturahmi

Kronikkaltim.com – Momen Ramadhan dimanfaatkan oleh Polres Kutai Timur (Kutim) untuk bersilaturahmi dengan kamu buruh atau pengurus serikat pekerja/buruh (SP/SB). Kegiatan silaturahmi itu dirangkai dengan buka puasa bersama di salah satu rumah makan di Kota Sangatta, Selasa (27/4/2021).

Karena masih dalam suasana pandemi, maka acara dilaksanakan dengan menerapkan rotokol kesehatan Covid,-19. Masing-masing serikat juga hanya diwakili oleh dua orang pengurus.

Kegiatan ini turut dihadiri Wakil Ketua II DPRD Kutim Arfan, Ketua Pembentukan Parturan Daerah DPRD Kutim Agusriansyah Ridawan dan Anggota DPRD Kutim sekaligus pengurus serikat Basti Sangga Langi.

Selain itu, acara juga dihadiri oleh Dandim 0909 Sangatta Letkol Czi Pabate dan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kutim, Sudirman Latif.

Kapolres Kutim, AKBP Welly Djatmoko dalam kesempatan itu tak lupa mengajak kaum buruh untuk turut serta memerangi laju pandemi covid-19. Yakni tidak berkumpul dengan kapasitas atau jumlah banyak. Termasuk dalam memperingati May Day yang akan dilakukan kaum buruh pada 1 Mei dalam memperingati hari buruh sedunia tersebut.

“Bersama-sama memerangi laju pandemi Covid-19, bukan hanya di Indonesia tapi juga di India seperti yang terjadi saat ini. Lima hari kedepan kita akan melaksanakan May Day atau hari buruh, disini pasti ada kegiatan-kegiatan dilapangan untuk menyatakan pendapatnya, tapi disini kita imabu kepada semua serikat buruh dan pekerja kalau bisa tidak dilapangan,” ujarnnya.

Setelah melaksanakan diskusi yang cukup panjang, serikat pekerja/buruh sepakat melakasankan May Day dengan membuka ruang forum diskusi atau hearing bersama dengan DPRD, namun mereka meminta pada hearing itu nantinya dapat menghadirkan pihak pemerintah daerah atau Bupati, Wakil Bupati dan juga stakeholder lainnya. Usur legislatif yang sebelumnya memang mengusulkan hal tersebut pun sepakat dengan permintaaan tersebut.

Berkenan dengan 1 Mei atau hari H May Day jatuh pada hari Sabtu, maka agenda hearing tersebut diundur ke Senin, (3/5). Di hari H May Day nantinya buruh/pekerja tetap akan turun kejalan, namun dengan kapasitas terbatas. Kaum buruh/pekerja rencananya mengisi kegiatan May Day di 1 Mei 2021 dengan orasi terbatas dan kegiatan berbagi masker kepada pengguna jalan sebagai upaya turut serta mitagasi pandemi tetrsebut. (Red).