Kebakaran di Bengalon Hanguskan 10 Rumah dan 1 Bangunan Sarang Walet

Kronikkaltim.com – Sebanyak 11 rumah dan 1 bangunan sarang walet hangus terbakar di Sebongkok Ilir RT 08 RW 03 Desa Sepaso Induk, Kecamatan Bengalon, Kutai Timur (Kutim), Selasa (25/8/2020) sekira pukul 12:45 Wita.

Kapolres Kutai Timur AKBP Indras Budi Purnomo didampingi Kapolsek Bengalon AKP Zarma Putra membeberkan kejadian tersebut.

Dalam peristiwa ini tidak ada korban jiwa, namun hanya saja barang-barang berharga tidak bisa diselamatkan karena api dengan cepat membakar rumah para korban hingga kerugian ditaksir mencapai Rp 2,5 miliar.

“Infonya ada 10 unit rumah yang terbakar, satu bangunan sarang burung walet dan satu unit kendaraan R2,” ujar Zarma.

Sementara kronologis dan penyebab kebakaran, polisi memeriksa dua saksi. Yakni, Rizki dan Evi, warga setempat. Sesaat sebelum kejadian, Rizki mengaku sedang tertidur, kemudian mendengar suara teriakan kebakaran dari rumah korban Haris. Api diperkirakan berasal dari kompor yang menyala dan ditinggalkan pemilik rumah.

“Kondisi angin memang kencang, ditambah lagi Kutim menghadapi masa kemarau, jadi api begitu cepat merambat kebangunan lainnya,” tutur Zarma.

Api pun dapat dipadamkan setelah dua unit pemadam kebakaran langsung diretjunkan ke TKP. Kemudian datang bantuan pemadam lainnya dari perusahaan.

Adapun nama-nam korban kebakaran yakni Abdul Basith (47), Haris (30), Abdul Hamit (38), Ahmad Irawan (35), Rudi (30), Suryansyah (50), Kurnain (50), Mama Suri (60), Muhid (50) dan Ipansyah (35).