Titik Kerusakan Jalan Nasional di Poros Balikpapan-Samarinda Mulai Diperbaiki

KRONIKKALTIM.COM – Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Balikpapan, bergerak cepat merespon kerusakan jalan nasional di Poros Balikpapan-Samarinda. Tampak perbaikan sudah dilakukan dari sejumlah titik dari kerusakan jalan tersebut. Sebelumnya jalan nasional Kaltim yang tepatnya berada di Km 11,5 tersebut amblas hingga menghambat lalu litas kendaraan.

Anggota Komisi V DPR RI Dr. H. Irwan, S.IP, MP yang peduli dengan kejadian tersebut mengatakan, sejak pagi sampai siang dirinya terus berkoordinasi dengan Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional Kaltim (BBPJN) di Balikpapan.

“Alhamdulillah, saat ini longsor tersebut sudah ditangani sementara, perkerasan sedang dipadatkan, insya Allah sebentar lagi kendaraan sudah bisa lewat,” terang Irwan, Jumat (14/8), sekira pukul 13.30 Wita.

Dia mengatakan, untuk kelanjutan jalan tersebut, maka longsor di jalan yang dimaksud akan segera ditangani. Paket longsor sudah terkontrak dan sedang dipersiapkan alat bore pile untuk perkuatan lereng yang longsor.

“Longsoran tersebut akan ditangani secara permanen. Perkiraan selesai 3 sampai 4 bulan,” jelas poltisi Demokrat itu.

Adapun penyebab longsor, di uraikannya, terjadi karena tanah sliding dan ada rembesan air dari pipa PDAM yang bocor. BBPJN Kaltim dalam hal ini sudah berkoordinasi dengan pihak PDAM.

“Terkait pipa bocor tersebut sementara lereng longsor diperbaiki pipa yang bocor juga akan di perbaiki dan kemungkinan dipindah posisinya,” tuturnya.

Dia menambahkan, selama pekerjaan permanen maka jalan nasional akan tetap diupayakan fungsional (beroperasi) karena alat dan pekerja bekerja di luar bahu untuk pengerasan jalan.

“Mohon maaf jika jalan nasional rakyat Kaltim terganggu. Insya Allah 2022 pelan-pelan semua akan kita tuntaskan,” pungkasnya.

Sebelumnya, jalan Nasional Kaltim di poros Balikpapan-Samarinda yang amblas, terekam oleh warga, Jumat (14/8/2020) pagi.

Dari video yang beredar, beberapa medan jalan terlihat retak hingga ablas dan hampir putus. Jalan amblas ini menyebabkan jalan tidak bisa diakses oleh kendaraan. Bahkan sebuah mobil truk tampak sudah terjebak di jalan tersebut.

Para pengendara yang hendak melintasi jalan tersebut harus mencari jalan alternatif.

Dari informasi yang dihimpun, jalan amblas ini berada di titik Km 11,5, jalan poros Balikpapan-Samarinda. Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Balikpapan Andi Yusri Ramli pun menanggapi kerusakan jalan yang dimaksud. Dijelaskannya, jalan yang rusak tersebut adalah otoritas atau kewenangan BBPJN (Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional).

“Perbaikannya sudah disampaikan ke BBPJN, jalan longsor di daerah itu sebenarnya dari dulu terjadi,” terangnya, Jumat (14/8/2020).