Simaksiru Disdik Kutim, Aplikasi Multi Fungsi Penunjang Tenaga Pendidik

KRONIKKALTIM.COM – Sistem Informasi Kinerja guru (Simaksiru) merupakan sistem berbasis aplikasi mobile yang digagas Dinas Pendidikan (Disdik) Kutai Timur (Kutim). Pada Mei 2019 lalu, sistem diperuntukan terhadap dunia pendidikan ini diluncurkan secara resmi oleh Bupati Kutim Ismunandar pada momen peringatan Hari Pendidikan Nasional (Kardiknas).

Berbagai jenis pekerjaan yang terbantukan lewat sistem aplikasi ini, mulai dari memberi jaminanan kinerja guru dalam memenuhi standar profisinya, memberi jaminan pelayanan yang paripurna hingga menjadi input kinerja bagi tenaga pengawas pendidikan.

Terhadap pengawas, sistem ini dinilai sangat membantu karena dapat memudahkan dalam proses perencanaan program, pembinaan, pemantauan, pembimbingan dan pelatihan.

“Dalam manjemen pengawasan sebagai program pengendalian dan pembinaan sekolah,” ujar Kepala Disdik Kutim Roma Malau, belum lama ini.

Sedangkan bagi guru dan kepala sekolah, sistem ini diharapakan dapat menjadi pendidikan, pembelajaran dan penugasan serta menjadi pengembangan keprofesian yang berkelanjutan.

Dia mengatakan, sitem ini juga menjadi penunjang dalam memperoleh ijaza atau tidak liner dan melaksanakan kegiatan pendukung untuk memperoleh penghargaan. Kemudian perhitungan angka kredit yang sesuai kegiatan tampilan otomatis setiap mengisi kinerja.

“Ini sangat bermanfaat bagi guru, angka kredit terpantau, kenaikan pangkat lebih pasti, kesejahteraan profesi terasa lebih adil dan program pembinaan profesi lebih adil,” jelas Roma. (*).