Camat Bengalon Ingatkan PMI Bersikap Netral dan Inependent dalam Bertugas

KRONIKKALTIM.COM – Camat Bengalon Suharman Cono mengingatkan pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Bengalon agar tetap bersikap netral dan independent dalam setiap melaksanakan tugas organisasi.

Hal tersebut dijelaskan karena PMI merupakan organisasi kemanusiaan yang tidak melibatkan diri atau berpihak pada golongan politik, ras, suku ataupun agama tertentu.

“PMI harus netral, karena PMI merupakan organisasi  sosial yang mengedepankan misi kemanusiaan dalam meringankan beban masyarakat,” ujar Suharman saat menghadiri pelantikan Pengurus PMI Bengalon Masa Bhakti 2020-2023, pada Selasa (28/01/2020) kemarin.

Untuk itu, lanjut dia, PMI dalam pelaksanaannya tidak melakukan pembedaan tetapi mengutamakan objek korban yang paling membutuhkan pertolongan segera untuk keselamatan jiwanya.

“Seperti halnya pada saat terjadi bencana maupun konflik,” tutur Suharman.

Dia juga mencotohkan ativitas PMI tentang kegiatan donor darah rutin. Dengan kegiatan tersebut, menurutnya, PMI tidak akan kekurangan stok darah pada saat ada masyarakat yang membutuhkan.

“Kemudian melaksanakan bhakti sosial, pembinaan kepada para siswa melalui program PMR, (Palang Merah Remaja) dan lain sebagainya,” terangnya. (PMD.Cc/Ca/arm/irs).