Selain Kendaraan dan Alat Tangkap, Nelayan di Kutim Juga Dapat Bantuan ‘Kusuka’

KRONIKKALTIM.COM – Sejumlah nelayan di Kutai Timur (Kutim) menerima Kartu Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan (Kusuka) dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Kartu ini salah satunya disalurkan di Desa Selangkau, Kecamatan Kaliorang, pada Minggu (15/12/2019) kemarin.

Kusuka adalah kartu kerja sama pemerintah dengan perbankan yang berfungsi untuk mendata pelaku usaha perikanan dan para nelayan. Kartu ini akan memudahkan pengajuan kredit usaha, termasuk fasilitas-fasilitas lain yang membutuhkan jaminan perbankan.

Selain Kusuka, Pemerintah Kutim melalui Dinas Kelautan Dan Perikanan (DKP) juga menyalurkan sejumlah paket bantuan peralatan tangkap ikan yang diserahkan Bupati Kutim Ismunandar kepada nelayan di Kecamatan Kaliorang. Bantuan tersebut antara lain, 200 unit rawai dasar (bahan) dan 12 cool box 200 liter untuk kelompok nelayan pantai Harapan.

Selanjutnya, 1.750 alat tangkap kepiting rakang untuk Kelompok Kepiting Asokabserta, dan satu unit mobil box/kendaraan berpendingin roda enam, untuk Koperasi Serba Bunga Samudera, Kecamatan Kaliorang.

Untuk Kecamatan Sangkulirang, penerima bantuan yakni Kelompok Nelayan Rizka sebanyak 100 unit alat tangkap ikan berupa jaring, dan 100 piece bahan jaring milenium 4 inch, 8 pic cool  200 liter, untuk Kelompok Nelayan Berkat.

Sementara, nelayan di Desa Muara Bengalon, Kecamatan Bengalon mendapatkan 249 sak pupuk tambak dan 52 bestnoid tambak untuk Kelompok Pembudidayaan Tambak Api Api Kuning.

“Bantuan (peralatan nelayan) yang diberikan ini adalah untuk meningkatkan sektor perikanan kelautan di Kutim, khususnya di wilayah Kaliorang. Dengan begitu kesejahteraan masyarakat lebih baik dan secara tidak langsung juga meningkatkan perekonomian daerah,” kata Bupati Kutim Ismunandar. (Humas).