Kenang Pertempuran Ambarawa, Kodim/0909 Sangatta Gelar Karya Bakti

KRONIKKALTIM.COM – Hari Juang Kartika TNI Angkatan Darat (AD) diperingati untuk mengenang Pertempuran Ambarawa yang dipimpin Jenderal Sudirman melawan pasukan sekutu di Jawa Tengah. Setiap tahunya, Hari Juang Kartika atau yang sebelumnya dinamai Hari Infanterit diperingati pada 15 Desember.

Di Kutai Timur (Kutim), perjuangan segenap unsur di Ambarawa dalam melawan Sekutu itu diperingati Kodim 0909/Sangatta dengan kegiatan karya bakti atau bakti sosial berupa penanaman mangrove dan pembersihan sampah.

Kegiatan dilakukan disepanjang bibir Pantai Jepu-Jepu, Desa Selangkau, Kecamatan Kaliorang, Kutim, pada Jumat (13/12/2019) kemarin.

Dengan melibatkan stekholder dan masyarakat se-kacamatan Kaliorang, komandan dan sejumlah perajurit Kodim 0909/Sangatta, Camat Kaliorang dan kepala desa se-Kecamatan Kaliorang tampak hadir dalam kesempatan itu.

Begitupun sejumlah unsur pimpinan perusahaan di Kecamatan Kaliorang, juga terlibat langsung di acara yang dilaksanakan pada pagi hari itu. Mereka terlihat memadati bibir Pantai Jepu-Jepu, baik masyarakat maupun usnur pemerintah, TNI serta pihak terkait. Kebersamaan menyatu tampak terasa mengiringi aksi penanaman bibit mangrove, setelah sebelumnya malakukan pembersihan sampah.

Tujuan penanaman pohon mangrove dijelaskan sebagai upaya dalam menjaga kelestarian pesisir pantai dari abrasi, mencegah erosi, tempat hidup, dan sumber makanan bagi biota laut yang memiliki aneka jenis satwa. Selain itu, juga menjadi penyedia oksigen bagi makhluk hidup.

Sementara, bersih-bersih pantai disebutkan bertujuan untuk menjaga kebersihan pantai terutama dari sampah plastik. Sampah plastik dinilai sangat berbahaya bagi hewan laut, karena dapat termakan namun sulit untuk di cerna.

Disamping itu, sampah plastik juga dapat mencemari lautan lantatan sulit terurai meskipun hingga ratusan tahun. Demikian pula pada terumbu karang, mebersihkan sampah plastik adalah salah satu cara untuk menjaga kelestariannya. (*).

Reporter : Ar

Editor : IRs