Kobexindo Cement Ajak Siswa di Kaliorang Cintai Lingkungan Lewat Lomba

KRONIKKALTIM.COM – Kobexindo Cement menyasar sekolahan untuk menjagak siswa SD di Kaliorang mencintai lingkungan. Perusahaan bidang persemenan ini mengadakan lomba mewarnai gambar dengan tema “Menyatu Dengan Alam Untuk Menjaga Kelestarian Lingkungan”.

Lomba diikuti 144 siswa dari dua sekolah yang digabung, yakni SD 001 dan SD 002 Kaliorang. Acara ini dilaksanakan di SD 002, Desa Selangkau, Kecamatan Kaliorang, Kutai Timur, Sabtu (30/11/2819).

Dalam kegiatan itu, jenis perlombaan dikelompokkan menjadi dua kategori, yakni Kelas Tinggi dengan peserta dari siswa kelas 4, 5 dan 6. Sedangkan kategori Kelas Rendah diikuti siswa kelas 1, 2 dan 3.

Usai melawati berbagai tahapan, masing-masing kategori lomba pun muncul sebagai pemenang. Untuk Kelas Tinggi, juara 1 diraih oleh Rahayu, kemudian M. Syahid yang sukses meraih juara 2. Sedangkan juara 3 diraih oleh Junaidi, lalu menyusul siswa lainnya yang berhasil meraih juara harapan 1 2 dan 3.

Selanjutnya, kategori Kelas Rendah yang tampil sebagai juara 1 yakni Ratih, disusul Ismail yang lolos meraih Juara 2. Sedangjan Juara ke 3 diraih Ratmi. Untuk juara harapan 1,2 dan 3 pada lomba kategori ini juga muncul menyusul para pemenang.

Tidak hanya pemenang lomba yang berhak mendapatkan penghargaan. Akan tapi juga bagi siswa yang mengikuti kegiatan tersebut. Masing-masing dari mereka diberikan hadiah berupa piagam penghargaan dari pihak penyelenggara.

Kegiatan lomba mewarnai yang terselenggara atas kerja sama pihak sekolah dengan PT. Kobexindo Cement, dihadiri Kepala Tata Usaha UPTD Pendidikan Kecamatan Kaliorang, Yohanis Seo Spd M.A.P, ia mewakili Kepala UPTD yang berhalangan hadir dalam acara tersebut.

Yohanis dalam kesempatan itu menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak penyelenggara yang telah sukses melaksanakan kegiatan tersebut dengan baik. Termasuk ungkapan apresisasi yang juga diperuntukkan kepada para kepala sekolah dan guru-guru sekolah SD 001 dan SD 002 Kaliorang.

“Terima kasih kepada pihak Kobexindo Cement yang sangat peduli dengan dunia pendidikan, seperti yang dilakukan hari ini ada perbedaan program dengan yang lain. Kalau biasa bantuan itu berupa barang, tetapi kali ini nuansanya lain yakni program yang bersentuhan langsung dengan anak-anak didik,” ujarnya.

Yohanis berharap, kedepan kerjasama dalam dunia pendidikan agar terus ditingkatkan. Hal ini sebagai supaya menyentuh seluruh sekolah yang ada di kecamatan Kaliorang.

Kepada para guru, Yohanis menekankan, agar kiranya mampu berinovasi dalam menciptakan korikulum-korikulum baru, sehingga guru di sekolah-sekolah juga dapat lebih banyak berinteraksi dengan anak-anak.

Konsentrasi dengan tahapan belajar mengajar di kelas, dinilai sebagai hal utama yang dibutukan penerapannya oleh para guru, sehingga tidak lagi di sibukkan PTK dan KTI yang hanya di anggap dapat mengurangi konsentrasi guru dalam proses mengajar.

“Dan pola lama semacam itu akan kita tinggalkan pada tahun 2020, dengan demikian guru-guru akan fokus dalam hal mencerdaskan anak didik dan meningkatkan akhlak anak,” tutur Yohanis.

Sebagai tuan rumah, Kepala Sekolah SD 002 Kaliorang Nurhawati SPd dalam kesempatan itu berharap, agar kedepan akan ada lagi kegiatan lain sebagai wujud kecintaan kepada anak-anak. Menurutnya, kegiatan positif yang akan terus dilaksanakan di sekolah dapat menjadi bekal siswa untuk masa depan.

Hal yang sama juga disampaikan Kepala Sekolah SD 001 Kaliorang, Winarto SPd.Sd. Begitupun Manager Corporate Social Resposibility (CSR) Kobexindo Cement Widi Subekti yang hadir langsung didampingi rekannya Paulus, Edy dan Arman.

Widi mengatakan, program bina lingkungan sekitar sedapat mungkin bisa terus berjalan. Kehadiran perusahaan harus mampu memberi dampak positif, khususnya pendidikan bagi anak-anak sebgai bekal hidup mereka kelak.

“Anak-anak tetap semangat sehingga mampu mengeluarkan ide-ide kreatifnya,” tuturnya. (*).