Putra Kaltim Pecahkan Rekor Dunia Angkat Besi Kategori Remaja

KORANKALTIM.COM – Muhammad Faathir, atlet pelajar Benua Etam telah memecahkan rekor dunia angkat besi kategori remaja. Total angkatan 277 di kelas 61kg pada ajang Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XV yang berlangsung di Gelanggang Remaja Jakarta Timur.

Tak hanya itu, Faathir juga memecahkan rekor snatch dari semula 119 menjadi 122. Pun juga berhasil mengalahkan rekor angkatan sebelumnya di kategori clean and jerk dari 153 menjadi 155. Ketiga rekor tersebut sebelumnya dipegang oleh Faathir yang diperoleh saat mengikuti Asian Youth and Junior Campionships di Pyongyang Korea Utara Oktober lalu.

Pelatih dan official mengaku bersyukur atas hasil diraih remaja yang bersekolah di SKO Ragunan setelah sebelumnya diasah di SKOI Kaltim.

Kepala Dispora Kaltim M Syirajuddin diwakili Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Kaltim Ego Arifin yang berada di lokasi menjadi saksi. Bagaimana aroma ketegangan menyelimuti seluruh official dan pelatih saat Faathir akan melakukan angkatan clean and jerk.

“Alhamdulillah, Faathir mampu menunjukkan kualitasnya sebagai pemegang rekor kelas tersebut. Kami bersyukur bahwa pembinaan yang dilakukan berjalan dengan baik. Prestasi ini sekaligus pembuktian bahwa Kaltim bisa menghasilkan atlet-atlet berpotensi,” ujarnya.

Menurut Ego, hasil ini sangat membanggakan, tak hanya bagi Kaltim juga Indonesia. Karena ada remaja negeri ini mampu memecahkan rekor dunia dua kali berturut-turut dalam jangka waktu hanya sebulan.

Aset ini harus terus dibina, khusus Faathir agar tak lekas berpuas diri. Karena jalan yang ditempuh akan berliku dan panjang untuk menorehkan prestasi demi prestasi. “Apa yang diraih Faathir, dapat memotivasi pelajar-pelajar lainnya yang berlaga hingga 25 November mendatang,” jelasnya.

Satu emas yang dipersembahkan Fathir, untuk sementara mengangkat Kalimantan Timur di daftar perolehan medali sementara ke peringat 9 dengan raihan 2 emas, 1 perak dan 1 perunggu. Hasil ini pun membuktikan, bahwa akan ada penerus Eko Yuli yang kini merupakan lifter nasional.